Mengenal 4 Metode Penyembuhan Hipertiroid, Anda Wajib Tahu!

Minggu, 12 Juni 2022 - 16:16 WIB
loading...
Mengenal 4 Metode Penyembuhan Hipertiroid, Anda Wajib Tahu!
Hipertiroid merupakan suatu kondisi di mana tiroid menjadi terlalu aktif. Hal ini bisa menyebabkan metabolisme Anda menjadi lebih cepat dari kondisi normal. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Hipertiroid merupakan suatu kondisi di mana tiroid menjadi terlalu aktif. Hal ini bisa menyebabkan metabolisme Anda menjadi lebih cepat dari kondisi normal. Mengapa hal itu bisa terjadi dan apakah hipertiroid bisa disembuhkan?

Melansir laman Cleveland Clinic, Minggu (12/6/2022), hipertiroid adalah suatu kondisi di mana tiroid Anda melepaskan lebih banyak hormon daripada yang Anda butuhkan. Hormon utama yang dibuat oleh tiroid Anda termasuk triiodothyronine (T3) dan tiroksin (T4).

Seperti kita tahu, kelenjar tiroid sendiri memainkan peran besar dalam banyak fungsi utama tubuh. Di antaranya mengatur suhu tubuh, mengontrol detak jantung, hingga mengontrol metabolisme.



Ada beberapa gejala hipertiroid. Mulai dari detak jantung yang lebih cepat, merasa gemetar atau gugup, penurunan berat badan, nafsu makan meningkat, diare, perubahan siklus menstruasi bagi perempuan, pembengkakan di bagian leher, masalah tidur, rambut rontok, hingga kelemahan otot.

Kondisi hipertiroid bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya mengalami penyakit graves, memiliki benjolan atau pertumbuhan sel di kelenjar tiroid, terjadinya peradangan kelenjar tiroid, hingga gara-gara mengonsumsi yodium secara berlebihan.

Lantas, apakah hipertiroid bisa disembuhkan? Jawabannya adalah ya. Pasien dengan kondisi ini harus disembuhkan, sebab jika tidak, bisa menyebabkan komplikasi seperti fibrilasi atrium, stroke, gagal jantung, dan osteoporosis.

Berikut pilihan pengobatan bagi pasien yang mengalami kondisi hipertiroid.

1. Obat-Obatan

Pasien hipertiroid biasanya akan diobati dengan obat-obatan antitiroid seperti methimazole (Tapazole) atau propylthiouracil (PTU). Obat ini memblokir kemampuan tiroid Anda untuk membuat hormon.



2. Yodium Radioaktif

Yodium radioaktif adalah obat oral yang diserap oleh sel tiroid. Ini bisa menyebabkan tiroid Anda menyusut dan kadar hormon tiroid turun selama beberapa minggu. Cara ini biasanya menyebabkan kerusakan permanen pada tiroid, yang akan menyembuhkan hipertiroid. Tetapi, kebanyakan pasien yang menerima perawatan ini harus minum obat hormon tiroid selama sisa hidupnya untuk mempertahankan kadar hormon normal.

3. Pembedahan

Penyedia layanan kesehatan dapat mengangkat kelenjar tiroid Anda melalui operasi pembedahan. Ini akan memperbaiki hipertiroidisme Anda, tetapi biasanya menyebabkan hipotiroidisme atau kondisi di mana tiroid Anda kurang aktif, sehingga membutuhkan suplemen tiroid seumur hidup untuk menjaga kadar hormon tetap normal.

4. Beta Blocker

Terakhir ada beta blocker. Obat ini memblokir aksi hormon tiroid pada tubuh. Beta blocker tidak mengubah tingkat hormon dalam darah, tetapi ini dapat membantu mengendalikan gejala seperti detak jantung yang cepat, gugup dan gemetar yang disebabkan oleh hipertiroid.

Biasanya, pengobatan ini tidak digunakan sendiri dan dipasangkan dengan pilihan lain untuk mengobati hipertiroidisme dalam jangka panjang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)