Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Bugar? Tips ala dr. Alan Vahlevi Ini Bisa Dicoba

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:15 WIB
loading...
Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Bugar? Tips ala dr. Alan Vahlevi Ini Bisa Dicoba
dr. Alan Vahlevi. Foto/Buddyku
A A A
JAKARTA - Buddies pasti pengen dong punya tubuh yang selalu bugar dan fit. Nah, dr. Alan Vahlevi punya jurus jitu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Menurut dokter sekaligus content creator yang akrab disapa dr. Levi ini, ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk bisa memperoleh badan yang bugar dan sehat.

Pertama, istirahat yang cukup. Orang dewasa idealnya tidur selama 8 jam sehari. “Tidur itu minimal 6 jam, kalau bisa 8 jam. Itu menurut beberapa jurnal,” kata dr. Levi. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk membuat otak kita berfungsi dengan lebih baik.

Kedua, olahraga secara rutin. Mungkin ini cukup sulit bagi Buddies yang tidak terbiasa olahraga. Namun, aktiitas tersebut justru harus dilakukan secara konsisten demi tubuh bugar. Caranya, mulai dengan latihan ringan.

“Untuk mengawalinya enggak perlu olahraga sampai 3 jam. Lebih baik teman-teman olahraga 30 menit, tapi dilakukan 5 kali dalam seminggu. Bahkan kalau belum biasa olahraga, sisihkan waktu 5 menit juga enggak apa-apa. Yang penting lakukan dulu,” jelas dr.Levi.



Dr. Levi memberi contoh latihan sederhana yang bisa dilakukan, misalnya jalan kaki di sekitar tempat tinggal. Kamu bisa melakukannya selama 5 menit di bulan pertama. Tapi kemudian tingkatkan intensitas selama 10 menit di bulan berikutnya.

“Kebugaran tubuh itu berawal dari konsistensi yang berfrekuensi, artinya harus diulangi terus menerus. Kalau kita tidak punya kebiasaan , kita tidak akan bisa improve,” ujarnya.

Ketiga, makan bergizi serta batasi konsumsi gula dan garam. Memang gula dan garam biasanya membuat makanan lebih nikmat. Boleh saja dikonsumsi, asal jangan berlebihan.

“Gula dan garam berlebih mungkin tidak menimbulkan efek negatif sekarang, tapi nanti ketika teman-teman sudah tua. Di samping itu, berpotensi sebabkan obesitas hingga produktivitas berkurang,” ungkap dr. Levi.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)