4 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil, Aman Tanpa Obat

Rabu, 15 Juni 2022 - 15:32 WIB
loading...
4 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil, Aman Tanpa Obat
Cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil bisa dilakukan secara aman dan tanpa obat kolesterol. Ketika hamil, kolesterol akan meningkat secara alami. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil bisa dilakukan secara aman dan tanpa obat kolesterol . Ketika sedang hamil, kadar kolesterol akan meningkat secara alami.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi yang telah memiliki kolesterol tinggi, tetapi juga bagi ibu hamil yang sebelumnya memiliki kadar kolesterol normal. Maka, bagi perempuan yang sudah memiliki kolesterol tinggi, kadarnya bisa naik lebih tinggi lagi saat hamil.

“Kadar kolesterol dapat naik sebanyak 25 hingga 50 persen selama trimester kedua dan ketiga,” kata ahli gizi di Reproductive Medicine Associates di Connecticut, Carolyn Gundell dilansir dari Healthline, Rabu (15/6/2022).

Penyebab kolesterol naik saat hamil karena kolesterol sendiri dibutuhkan untuk perkembangan bayi, produksi dan fungsi estrogen dan progesteron, hingga pembentukan ASI yang sehat.


Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil. Pastikan, cara tersebut sehat dan aman bagi ibu serta bayi dalam kandungannya. Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil.

1. Batasi Lemak Jenuh

Hindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tidak sehat. Sebagai gantinya, pilihlah makanan dengan lemak sehat seperti kacang dan alpukat. Hindari juga makanan-makanan yang digoreng untuk menurunkan kolesterol jahat.

2. Batasi Gula

Cara mengatasi kolesterol tinggi bagi ibu hamil yakni membatasi asupan gula. Ini penting untuk menurunkan trigliserida.


3. Perbanyak Serat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3125 seconds (0.1#10.140)