Tanda Kolesterol Tinggi yang Mengarah pada Stroke dan Serangan Jantung, Anda Wajib Tahu!

Minggu, 19 Juni 2022 - 08:31 WIB
loading...
Tanda Kolesterol Tinggi yang Mengarah pada Stroke dan Serangan Jantung, Anda Wajib Tahu!
Ada beberapa tanda kolesterol tinggi yang mengarah pada stroke dan serangan jantung, salah satunya nyeri dada. Foto Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tanda kolesterol tinggi yang mengarah pada stroke dan serangan jantung . Karenanya, penting untuk setiap orang mengetahui tanda tersebut.

Bila kolesterol terlalu tinggi kemudian menyumbat saluran pembuluh darah, maka oksigen dan nutrisi dalam darah tidak akan bisa mencapai jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Sementara itu, aliran darah ke otak juga terputus karena kolesterol tinggi sehingga menyebabkan stroke.



Sebelum salah satu dari peristiwa tragis itu terjadi, ada tanda peringatan aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan proses ketika terlalu banyak zat lemak seperti kolesterol melapisi dinding pembuluh darah dan menyebabkan saluran darah menyempit.

Melansir laman Express, Minggu (19/6/2022), British Heart Foundation (BHF) mencantumkan enam tanda peringatan kondisi yang mengarah pada stroke dan serangan jantung. Yakni nyeri dada; nyeri di salah satu anggota tubuh di mana mungkin ada arteri yang tersumbat; sulit bernapas; kelelahan dan kebingungan akibat darah tidak mengalir ke otak; serta otot yang lemah.



"Aterosklerosis umum terjadi. Ini lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun dan mereka yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung atau peredaran darah," demikian penjelasan BHF.

Saat ini, tidak ada perawatan yang dapat menghentikan atau membalikkan aterosklerosis. Namun, obat-obatan serta intervensi gaya hidup dapat memperlambat perkembangannya dan menurunkan risiko serangan jantung ataupun stroke.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)