4 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat dan Menyehatkan

Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:57 WIB
loading...
4 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat dan Menyehatkan
Menu sarapan rendah kolesterol dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (tidak sehat) dan meningkatkan kolesterol HDL (sehat). / Foto: Healthline
A A A
JAKARTA - Menu sarapan rendah kolesterol dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (tidak sehat) dan meningkatkan kolesterol HDL (sehat).

Dengan demikian, diperlukan pemahaman menu sarapan rendah kolesterol apa saja yang mudah dibuat saat sarapan dan juga enak. Mengingat waktu terbatas, karena sarapan dilakukan sebelum beraktivitas.

Berikut menu sarapan rendah kolesterol yang bisa disajikan saat sebelum beraktivitas.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Kacang Hijau, Bisa Dicoba di Rumah

1. Oatmeal

Menu sarapan rendah kolesterol yang pertama adalah oatmeal. Makanan yang berisikan gandum dengan berbagai topping, seperti buah ternyata cocok buat sarapan. Oatmeal mengandung serat larut, yang menempel pada kolesterol LDL di saluran pencernaan, dan membantu mengeluarkannya dari tubuh Anda.

2. Susu Almond

Menu sarapan rendah kolesterol berikutnya adalah susu almond. Mengonsumsi kacang almond ataupun susu almond mampu menurunkan kolesterol. Menurut Harvard Health Publishing, makan 2 ons kacang ini setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 5 persen.

Hingga 50 persen berat almond berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Asam lemak ini berhubungan dengan penurunan kolesterol LDL.

3. Telur Putih

Menu sarapan rendah kolesterol selanjutnya telur putih. Memilih sarapan padat nutrisi, putih telur bebas kolesterol dan dikemas dengan protein.

Sementara pedoman diet orang Amerika dari Departemen Pertanian AS (USDA) menetapkan batas tiga telur utuh per minggu.

Rekomendasi tersebut disesuaikan dengan 300 miligram kolesterol makanan per hari di Pedoman Diet 2015-2020 untuk orang Amerika.

4. Roti Alpukat

Menu sarapan rendah kolesterol terakhir adalah roti alpukat. Mengonsumsi roti di kala sarapan umumnya jadi pilihan kebanyakan orang. Ditambah selai alpukat, bisa memberikan sensasi juicy dan sehat.

Baca juga: 5 Artis Indonesia yang Menikah dengan Teman Masa Kecil, Nomor 3 Kisahnya Dijadikan Film

Sebuah studi 2015 dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa mengonsumsi alpukat per hari menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang kelebihan berat badan atau obesitas.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1623 seconds (10.55#12.26)