Hari Anak Nasional, BKKBN Tekankan Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Jum'at, 22 Juli 2022 - 12:04 WIB
loading...
A A A
"Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya stunting pada balita, diperlukan pengasuhan yang baik pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), dimulai sejak awal konsepsi atau selama 270 hari masa kehamilan serta 730 hari setelah lahir (hingga anak berusia 2 tahun)," tutur Nopian dalam keterangan resminya, Jumat (22/7/2022).

BKKBN sendiri, kata Nopian, terus berupaya mendorong adanya inovasi dalam pencegahan stunting berbasis keluarga, dengan sasaran utama yaitu remaja, calon pengantin atau calon pasangan usia subur (PUS), ibu hamil, ibu menyusui, dan anak berusia 0-59 bulan.

Program Bangga Kencana melalui kegiatan Bina Keluarga Balita dan Anak, sambung Nopian, sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan orangtua serta anggota keluarga lainnya yang memiliki balita dalam membina tumbuh kembang balita melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, emosional, dan sosial ekonomi.

"Semoga dengan program ini dapat memberi kontribusi bagi penurunan prevalensi stunting di Indonesia," harap Nopian.

Lebih lanjut, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tri Suswati Tito Karnavian, mendukung penuh terkait pemenuhan hak dasar anak berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, serta peran holistik seluruh elemen bangsa dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Tri Suswati menjelaskan, bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki investasi besar dalam hal sumber daya manusia. Hal ini juga sejalan dengan program kerja Presiden Joko Widodo yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka menengah 2022-2024.

Oleh karena itu, pengasuhan 1.000 hari pertama kehidupan menjadi fase penting bagi anak untuk mendapatkan stimulasi, sehingga anak dapat berkembang dengan baik sesuai usianya.

"Pada fase ini tumbuh berkembang anak sedang berkembang pesat. Jika pertumbuhan terhambat, maka kondisi anak di masa depan pun akan berpengaruh," papar Tri Suswati.

Dia melanjutkan, pertumbuhan yang baik pada anak membutuhkan asupan gizi yang baik pula seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Baca juga: Pentingnya Orang Tua Memahami Emosi Sendiri bagi Tumbuh Kembang Anak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)