Begini Cara Menurunkan Kolesterol di Kaki, Kenali dan Pahami

Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:52 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Kolesterol di Kaki, Kenali dan Pahami
Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup menghkhawatirkan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup menghkhawatirkan. Kolesterol bisa diartikan sebagai zat berbentuk seperti lemak yang diproduksi oleh organ hati.

Karena berupa lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Baca juga : Mengenal Kolesterol dan Fungsinya bagi Tubuh

Pada prosesnya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada seseorang bisa berbahaya dan memunculkan berbagai keluhan serta risiko penyakit, termasuk penyumbatan pembuluh darah hingga penyakit jantung.

Dikutip dari Daily Record, Departemen Bedah di Universitas California menyebut bahwa komplikasi kadar kolesterol tinggi bisa membangunkan penderitanya di malam hari dengan rasa sakit di bagian kaki.

Salah satu tanda kadar kolesterol tinggi adalah Critical Limb Ischemia (CLI). CLI sendiri merupakan penyumbatan darah pada arteri yang bisa mengurangi aliran darah ke ekstremitas (tangan dan kaki) serta sudah sampai ke titik nyeri parah dan bisa mengakibatkan luka.

Nyeri pada kaki tersebut juga dikenal sebagai ‘Rest Pain’. Biasanya, rasa sakit bisa mereda sementara dengan menggantungkan kaki di atas tempat tidur atau bangun dan berjalan.

Lantas, bagaimanakah cara menurunkan kolesterol di kaki?

1. Mengubah Pola Makan

NHS menjelaskan bahwa pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk melakukan perubahan pola makan. Dalam hal ini, salah satunya bisa dilakukan dengan mengganti makanan tinggi lemak jenuh dengan makanan rendah lemak jenuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)