5 Tips Jaga Kesehatan Agar Terhindar dari Segala Penyakit, Nomor 4 Paling Penting

Selasa, 02 Agustus 2022 - 22:55 WIB
loading...
5 Tips Jaga Kesehatan Agar Terhindar dari Segala Penyakit, Nomor 4 Paling Penting
Menjaga kesehatan di tengah wabah berbagai penyakit, sangat perlu dilakukan secara serius. Foto/Ilustrasi/Pexels
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan di tengah wabah berbagai penyakit, sangat penting dijalankan.Apalagi penyakit saat ini seperti Covid-19, Hepatitis akut misterius dan Monkeypox atau cacar monyet sedang berkembang di seluruh dunia.

Maka dibutuhkan berbagai langkah untuk tetap sehat dan bisa terhindar dari infeksi berbagai virus. Berikut tips jaga kesehatan kebal dari segala penyakit, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Olahraga
Bagi anda yang bekerja di rumah (WFH) tentu perlu memahami ini. Olahraga adalah salah satu awal agar tetap bugar.
"satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi hari sakit," kata David Nieman, DrPH, direktur Lab Kinerja Manusia di Appalachian State University, dilansir WebMD Selasa (2/8/2022)

2. Rajin mencuci tangan
Menjaga kebersihan tangan jadi salah satu perhatian agar tetap sehat. Sebab tangan menjadi salah satu sumber kuman/bakteri karena segala aktivitas anda bisa menyentuh apa pun.



Untuk mencegah kuman-kuman itu, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik, kata CDC.

3. Vitamin D
Selain olahraga dan kebersihan, asupan vitamin D juga sangatlah penting. Melansir Healthline kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala, seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah kardiovaskular, dan sistem kekebalan yang lemah.

Hasil dari studi 2012 di jurnal Pediatricsmenyarankan bahwa semua anak harus diperiksa kadar vitamin D yang memadai. Ini sangat penting bagi mereka memiliki kulit gelap, karena mereka tidak mendapatkan vitamin D dengan mudah dari paparan sinar matahari.

4. Istirahat atau tidur yang cukup
Beristirahat bagi manusia juga penting, terlebih jika telah terpapar virus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine.

5. Sayuran hijau
Konsumsi sayur hijau bagi kesehatan sangat bermanfaat, sebab bisa mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut penelitian pada tikus, makan sayuran mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel tertentu untuk fungsi sistem kekebalan yang efisien.

Dalam studi ini, tikus sehat yang kekurangan sayuran hijau, kehilangan 70 hingga 80 persen protein permukaan sel.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0753 seconds (0.1#10.140)