Digelar Bulan Depan, Kompetisi Sepeda sekaligus Promosi Keindahan Indonesia lewat Tour of Kemala Belitong 2022

Kamis, 04 Agustus 2022 - 12:00 WIB
loading...
Digelar Bulan Depan, Kompetisi Sepeda sekaligus Promosi Keindahan Indonesia lewat Tour of Kemala Belitong 2022
Yayasan Kemala Bhayangkari akan menggelar event Tour of Kemala Belitong 2022 pada 17-18 September 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Yayasan Kemala Bhayangkari akan menggelar event Tour of Kemala Belitong 2022 pada 17-18 September 2022. Kegiatan ini merupakan ajang untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi bersepeda bertaraf internasional di berbagai kota di Nusantara.

Tour of Kemala tentu bisa menggiatkan kembali aktivitas perekonomian para pelaku UMKM di daerah, sekaligus menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial. Rencananya, kegiatan tersebut bakal digelar satu tahun sekali. Untuk event perdana tahun ini, Tour of Kemala akan dihelat di Kepulauan Belitung.

Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari dan Ketua Pelaksana Tour Of Kemala Winny Agung Budi Maryoto memaparkan, Belitung dipilih sebagai tempat terselenggaranya ajang ini dikarenakan di sana terhampar keindahan serta berbagai obyek wisata, baik dari alam maupun faunanya.

Di Belitung, selain gugus pantai, ditemukan pula bebatuan nan unik sehingga pulau yang masuk wilayah provinsi Kepulauan Riau tersebut ditetapkan oleh UNESCO sebagai Global Geopark.

Menurut Winny, Tour Of Kemala bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga bersepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional. Selain itu terselip juga tujuan yang lebih luas, yakni menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, yang memang memiliki banyak potensi wisata.

“Acara ini menjadi salah satu bagian dari olahraga pariwisata, yang dimaksudkan untuk mengangkat destinasi ataupun wisata yang ada di Belitung. Selain itu, untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah dunia pariwisata menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid-19,” papar Winny di Jakarta, belum lama ini.

Winny menambahkan, Belitung memiliki kondisi lingkungan dan keamanan yang mendukung, serta rute balap yang menantang bagi para atlet. Kegiatan olahraga sepeda ini, selain dapat menemukan bibit-bibit atlet muda, juga mendukung perekonomian rakyat. Khususnya mereka yang tinggal di daerah-daerah di mana lomba digelar.

"Belitung memang punya banyak kelebihan. Selain wisata, juga bisa untuk olahraga sepeda, terutama karena kondisi jalannya yang tidak ramai. Apalagi nanti pesertanya terbatas 600 orang, jadi kita akan menikmati gowes yang sesungguhnya," beber Winny.

Tour of Kemala diproyeksikan menjadi agenda kegiatan tahunan untuk dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, dengan dukungan dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang mengusung tema Bersinergi untuk Negeri.

Tour of Kemala Belitong 2022 diadakan dalam dua kategori. Yaitu Bicycle Race 125km untuk peserta profesional baik nasional dan internasional, serta Bicycle Tour 56km yang dapat diikuti peserta non-profesional.

Tour Of Kemala rencananya bakal didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda (UCI) sebagai bagian dari UCI Grandfondo. Pendaftaran untuk mengikuti event ini sudah dibuka sejak 3 Agustus 2022 melalui situs tourofkemala.com dengan dibatasi 300 peserta untuk masing-masing kategori.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)