alexametrics

3 Lauk Kering Simpel untuk Stok Menu Anda yang Sibuk

loading...
3 Lauk Kering Simpel untuk Stok Menu Anda yang Sibuk
Berbahan dasar tempe yang digoreng hingga kering dan renyah, menjadikan tempe orek resep praktis untuk stok. Foto/Endeus.TV
A+ A-
JAKARTA - Lauk kering biasanya menjadi santapan praktis yang bisa dijadikan stok makanan, sehingga Anda tidak perlu repot untuk selalu memasak menu baru tiap kali ingin makan. Apalagi jika Anda memiliki jadwal aktivitas padat yang tidak memungkinan untuk memasak, lauk kering bisa menjadi pilihan yang pas.

Beberapa lauk kering seperti tempe kering bisa menjadi makanan stok di rumah. Anda bisa memasaknya dengan satu kali masak dalam porsi banyak dan disimpan secara tepat agar tahan hingga satu bulan. Meskipun menu ini dianggap sederhana, namun akan tetap terasa nikmat apalagi jika disantap bersama nasi hangat. (Baca Juga: Ayam Fillet Saus Tiram, Makanan Praktis dengan Rasa Istimewa)

Berikut beberapa jenis lauk kering yang bisa dijadikan stok di rumah, seperti dikutip dari laman EndeusTV.



1. Tempe Orek Kering
Berbahan dasar tempe yang digoreng hingga kering dan renyah, menjadikan tempe orek kering sebagai resep praktis untuk stok. Setelah tempe digoreng kering, barulah dimasak dengan beragam bumbu pilihan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu tempe orek kering di antaranya cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula merah, asam jawa, daun salam, dan garam.

Tumis bumbu dan beri air hingga mengental. Barulah setelah itu masukkan tempe goreng dan masak hingga bumbu meresap sempurna. Untuk penyimpanannya, bisa memanfaatkan toples dan tutup rapat.

2. Kering Teri Kacang
Kering teri kacang juga bisa dijadikan sebagai lauk pilihan yang enak. Teksturnya yang renyah dan rasa gurih dari kacang sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat. Jenis ikan teri yang biasa digunakan adalah teri medan atau teri jengki kecil.

Untuk bisa menghasilkan tekstur yang renyah, ikan teri harus digoreng terlebih dulu. Begitu juga untuk kacang tanah yang digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Perlu diingat bahwa ketika bumbu telah dimasak, maka diamkan hingga dingin terlebih dulu, lalu campur bersama ikan teri dan kacang tanah yang telah digoreng. Hal ini bertujuan untuk membuat teri kacang tetap renyah dan bertahan lama. Simpan dalam wadah kedap udara seperti toples.

Lauk kering lain dari teri yang bisa Anda coba adalah resep kering tempe teri. (Baca Juga: Miliki 84 Cabang, Baso Aci Akang Terus Berinovasi di saat Pandemi)

3. Kering Kentang
Kering kentang juga menjadi salah satu lauk kering yang tahan lama. Untuk membuat kering kentang, Anda harus memperhatikan jenis kentang yang digunakan. Pastikan memilih kentang yang segar dengan permukaan yang mulus dan keras.

Iris kentang tipis-tipis dengan ukuran kecil dan memanjang sehingga bentuknya seperti korek api. Usahakan ukuran dan bentuknya sama agar ketika digoreng bisa matang secara bersamaan.

Jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah, maka rendam irisan kentang dengan air kapur sirih selama 30 menit.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak