Mengintip Ragam Manfaat Sauna, dari Relaksasi hingga Jaga Kesehatan Jantung

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:49 WIB
loading...
Mengintip Ragam Manfaat Sauna, dari Relaksasi hingga Jaga Kesehatan Jantung
De Hoom Portable Steam Sauna juga dapat membakar 300-400 kalori yang setara dengan lari cepat kurang lebih selama 1-2 jam. Portable Sauna ini dapat dipakai di dalam rumah dan mudah digunakan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Sauna merupakan salah satu cara relaksasi yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya baik untuk menenangkan pikiran, sauna juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, ada pula risiko yang dapat ditimbulkan dari sauna.

Sauna adalah ruangan dengan suhu panas dan kering yang digunakan untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar lebih banyak kalori. Sauna juga menjadi salah satu cara untuk merelaksasi tubuh. Fasilitas ini biasanya tersedia di salon, spa, dan pusat kebugaran.

Ada beragam manfaat sauna yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Memberikan efek relaksasi
Efek relaksasi merupakan manfaat sauna yang paling utama. Suhu dalam ruang sauna bisa mencapai 90,5 derajat Celcius, sehingga dapat meningkatkan suhu kulit. Suhu yang panas tersebut bisa membuat tubuh berkeringat, melebarkan pembuluh darah, dan melancarkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Idaman Wanita! Cristiano Ronaldo Mandi Sauna Pamer Tubuh Kekarnya

Alhasil, otot yang tegang dapat mengendur dan tubuh pun menjadi lebih rileks. Manfaat relaksasi ini juga mampu mengurangi stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Mengurangi nyeri
Sauna juga dapat mengurangi nyeri kronis, terutama pada penderita radang sendi. Hal ini karena sirkulasi darah yang lebih lancar dapat mengurangi ketegangan pada persendian dan meredakan nyeri otot.

Sebuah studi yang dilakukan pada penderita ankylosing spondylitis dan rheumatoid arthritis mengungkapkan bahwa terapi sauna yang dilakukan selama 4 minggu, dapat mengurangi nyeri, kaku otot, dan rasa lelah yang muncul.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa sauna yang dilakukan secara teratur, dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Peneliti juga menemukan bahwa sauna dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung yang efeknya serupa dengan olahraga ringan.

Manfaat ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat serangan jantung mendadak, penyakit jantung koroner, dan penyakit kardiovaskular lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1885 seconds (11.97#12.26)