Bukan Tengkurap, Begini Posisi Tidur yang Sangat Baik bagi Kesehatan

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 12:46 WIB
loading...
Bukan Tengkurap, Begini Posisi Tidur yang Sangat Baik bagi Kesehatan
Di balik kenikmatan tidur, ternyata ada posisi tidur yang baik untuk kesehatan. / Foto: ilustrasi/Freepik/user18526052
A A A
JAKARTA - Tubuh tentunya membutuhkan istirahat, seperti tidur, setelah seharian penuh melakukan aktivitas. Tidur merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang.

Akan tetapi, di balik kenikmatan tidur, ternyata ada posisi tidur yang baik untuk kesehatan. Lantas, seperti apa posisi tidur yang baik? Berikut penjelasannya.

Mengutip Radio Kesehatan, posisi tidur ada tiga, yakni tidur miring, tengkurap, dan terlentang. Dari ketiga posisi tersebut, posisi terlentang menjadi terbaik bagi kesehatan.

Baca juga: Tidak Restui Nikah Muda, Haji Faisal Batasi Hubungan Fuji dan Thariq

"Tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk manajemen nyeri karena memungkinkan tubuh beristirahat dalam keadaan netral sakit. Tidur di posisi ini juga mengurangi mulas karena membuat kepala terangkat di atas dada," jelas Radio Kesehatan dalam unggahannya di Instagram, yang dikutip Sabtu (13/8/2022).

Sementara untuk posisi miring, baik ke kanan atau kiri, dapat menyebabkan bahu dan pinggul nyeri. Posisi tidur ke kanan bisa membuat seseorang mulas.

"Orang tidur miring harus cukup bantal yang tebal untuk menghilangkan sebagian tekanan dari bahu," sebutnya.

Senada dengan laman The Sleep Doctor. Disbutkan bahwa bantal yang tepat bisa sangat efektif dalam membantu meringankan sakit punggung juga.

Penelitian dari Journal of Physical Therapy Science menunjukkan bahwa untuk pasien dengan nyeri punggung bawah dan pinggang, bantal suportif mengurangi rasa sakit secara signifikan, melebihi apa yang sering dilakukan oleh terapi fisik.

Untuk tidur tengkurap lebih berbahaya, karena seseorang bisa saja mati rasa hingga kesemutan. Pasalnya, posisi tengkurap membuat seluruh tubuh mendapatkan tekanan.

Baca juga: Berakting Sekaligus Bernyanyi di Film Terbaurnya, Prilly Latuconsina: Rasanya Komplet

Bahkan tidur tengkurap lebih cenderung memiliki kerutan karena tekanan pada wajah Anda menambah gesekan, yang dapat membuat garis-garis halus itu bertambah seiring waktu. Juga hampir tidak mungkin untuk mempertahankan keselarasan tulang belakang jika Anda tidur tengkurap.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1898 seconds (11.210#12.26)