5 Jamu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram bubuk jahe setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan.



3. Bawang Putih

Bawang putih telah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai salah satu obat-obatan alami penurun kolesterol. Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak. Bahan ini juga tersedia dalam bentuk suplemen kapsul dan tablet.

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

4. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah merupakan jamu untuk kolesterol tinggi. Jamu ini terbuat dari bahan alami berupa beras yang difermentasi dengan sejenis jamur bernama monascus purpureus atau ragi.

Sebagian produk beras ragi merah mengandung sejumlah besar monacolin K. Zat ini secara kimiawi mirip dengan bahan aktif dalam obat penurun kolesterol lovastatin. Produk beras ragi merah yang mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5. Daun Binahong

Daun binahong pun secara turun-temurun sering digunakan dalam berbagai terapi pengobatan herbal dan tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit, salah satunya kolesterol tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)