4 Ikan Bakar Rendah Kolesterol, Lezat dan Kaya Kandungan Vitamin

Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:39 WIB
loading...
4 Ikan Bakar Rendah Kolesterol, Lezat dan Kaya Kandungan Vitamin
Untuk menurunkan kolesterol diperlukan pola hidup sehat. Salah satunya mengkonsumi ikan bakar rendah kolesterol Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Untuk menurunkan kolesterol diperlukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak memiliki kadar lemak jenuh berlebih.

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemui dan memiliki kadar lemak yang rendah dan kaya akan omega 3. Selain itu ikan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun tidak semua jenis ikan dapat memberikan manfaat tersebut.

Baca juga : Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

Selain itu cara pengolahan ikan juga penting, olahan terbaik ikan untuk penderita kolesterol sendiri adalah dengan cara dibakar atau di panggang. Sebab bila di goreng, ikan akan berminyak sehingga merusak susunan gizi dan menambah kadar lemak jenuh.

Berikut empat ikan bakar yang rendah kolesterol seperti dilansir hellosehat:

1. Ikan Tuna Bakar

Ikan satu ini memang terkenal punya banyak manfaat karena kaya akan protein dan omega 3 yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Tuna juga memiliki kadar lemak yang rendah yaitu sekitar 1,3 gram.

Selain itu ikan ini juga mengandung vitamin A, B kompleks vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu ikan ini juga kaya akan kalsium, zat besi dan folat.

2. Salmon Bakar

Memiliki kandungan asam lemak sekitar 0,93 gram dan omega 3 membuat santapan satu ini aman untuk para penderita kolesterol.

Vitamin A, B kompleks, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K terkandung dalam ikan ini. Selain bagus untuk menjaga kesehatan jantung ikan ini juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Baca juga : Khasiat Daun Kenikir sebagai Penurun Kolesterol

3. Ikan Nila Bakar

Tidak kalah dari salmon dan tuna, ikan yang mudah ditemui di perairan air tawar Indonesia ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Ikan nila juga kaya akan kalsium, memiliki 0,20 gram asam lemak dan omega 3. Sehingga aman untuk dikonsumsi para penderita kolesterol.

4. Ikan Mackerel Bakar

Ikan yang sering ditemukan dalam kemasan kalengan ini juga aman untuk dikonsumsi para penderita kolesterol karena kandungan omega 3 yang dimilikinya.

Selain itu ikan ini juga kaya akan protein, magnesium, kalium dan fosfor yang bagus untuk tulang dan gigi. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin D.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)