Benarkah Mengonsumsi Serat Bisa Turunkan Kolesterol?

Kamis, 08 September 2022 - 17:05 WIB
loading...
A A A
Serat larut bisa didapatkan dari oatmeal, pisang, apel, pir, dan kacang merah. Sementara itu, serat tidak larut umumnya terdapat di sayur-sayuran hijau.

Di samping membatasi konsumsi lemak, berbagai penelitian telah menunjukkan manfaat dari mengonsumsi serat dalam menurunkan kolesterol tinggi .

Mengonsumsi serat, terutama serat larut, diketahui berhasil menurunkan kadar kolesterol. Jenis serat tersebut juga dapat menurunkan angka kejadian serangan jantung.

Serat akan menurunkan kolesterol dengan mengikatnya di usus kecil. Begitu berada di dalam usus kecil, serat menempel pada partikel kolesterol dan mencegahnya memasuki aliran darah.

Setelah melakukan hal tersebut, serat melakukan 'perjalanan' ke bagian lain dari tubuh. Sebaliknya, kolesterol yang telah berhasil terjerat akan keluar dari tubuh melalui tinja.

Baca juga: Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Alami

Jenis Serat yang Baik untuk Kolesterol

Serat larut berperan penting untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh melalui mekanisme pengikatan asam empedu.

Asam empedu dibuat oleh tubuh dari kolesterol untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Dengan diikat dan dibuangnya asam empedu, maka otomatis tubuh pun akan kekurangan asam empedu.

Mengingat perannya yang krusial, asam empedu tidak boleh dibiarkan kurang. Oleh karena itu, tubuh pun dipaksa untuk membentuk lagi asam empedu dari kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)