4 Cara Menurunkan Kolesterol di Usia Muda, Kenali dan Pahami

Senin, 12 September 2022 - 15:16 WIB
loading...
4 Cara Menurunkan Kolesterol di Usia Muda, Kenali dan Pahami
Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai dan mendapat perhatian lebih. Apabila terus dibiarkan, kolesterol ini bisa berdampak buruk dan memunculkan berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh.

Dalam pengertiannya, kolesterol bisa diartikan sebagai zat sejenis lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Zat tersebut mengalir dalam tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Baca juga : Kolesterol Tinggi, Begini Cara Mudah Mengendalikannya

Tak hanya terjadi pada orang-orang yang sudah berumur, kolesterol tinggi juga bisa menghinggapi remaja atau orang dengan usia yang lebih muda. Maka dari itu, akan lebih jika sebisa mungkin, Anda wajib menjaga tubuh sedini mungkin dari berbagai penyebab kolesterol tinggi.

Melansir dari laman Mayo Clinic, berikut beberapa cara menurunkan kolesterol di usia muda yang perlu diketahui :

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Penyebab paling umum dari tingginya kadar kolesterol biasanya disebabkan oleh asupan makanan sehari-hari. Dalam hal ini, Anda bisa mulai mengubah pola makan untuk meminimalisir kemungkinan terkena kolesterol tinggi.

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans. Mengurangi lemak jenuh terbukti bisa mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Jika lemak jenuh biasa ditemukan dalam daging merah atau produk susu tinggi lemak, lemak trans bisa muncul dari minyak sayur terhidrogenasi parsial. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 serta serat larut.

Asam lemak omega 3 bisa ditemukan dalam berbagai jenis ikan seperti salmon ataupun mackerel. Sedangkan serat larut bisa ditemukan dalam oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, dan lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1479 seconds (10.101#12.26)