7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 5 dari Indonesia

Rabu, 14 September 2022 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Kopi asal Indonesia ini berada di posisi ketiga. Proses fermentasi biji kopi arabika yang menggunakan binatang ini ternyata memiliki kualitas yang bagus.

Sehingga harganya dapat dibandrol mahal yaitu USD 400 atau hampir mencapai Rp6 juta per setengah kilogram. Hasil dari fermentasi luwak ini menghasilkan kopi yang halus dan tidak terlalu pahit.

Baca juga : Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia

6. Black Ivory Coffee

Sama seperti kopi luwak, dalam proses pembuatannya kopi black ivory ini juga dibantu oleh binatang yakni gajah. Biji kopi yang diberikan ke Gajah ini juga termasuk biji jenis arabika.

Harga dari kopi fermentasi gajah ini mencapai USD 1.081 atau sekitar Rp16 juta per setengah kilogram. Tak heran bila kopi ini menjadi yang paling mahal di dunia.

7. Ospina Dynasty Coffee

Kopi termahal di dunia urutan pertama ditempati oleh kopi hasil produksi perusahaan yang berada di Kolombia. Perusahaan Ospina ini telah ada sejak tahun 1835 yang didirikan oleh Don Mariano Ospina Rodriguez.

Kopi jenis ini merupakan varietas paling mahal yang diproduksi perusahaan tersebut. Dimana harganya mencapai USD 1.540 atau sekitar Rp23 juta per setengah kilogram.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)