Haikal Fateer Takjub Ada Skuter Listrik saat Umroh Pasca Pandemi, Permudah Tawaf

Jum'at, 16 September 2022 - 11:01 WIB
loading...
Haikal Fateer Takjub Ada Skuter Listrik saat Umroh Pasca Pandemi, Permudah Tawaf
Muhammad Haikal atau Haikal Fateer mengaku takjub dengan hadirnya skuter listrik saat umroh. Fasilitas ini membantu sang digital creator menjalankan tawaf. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Muhammad Haikal atau Haikal Fateer mengaku takjub dengan hadirnya skuter listrik saat umroh pasca pandemi. Hadirnya fasilitas ini membantu sang digital creator menjalankan tawaf di Masjidil Haram.

Setelah sempat ditutup selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi Covid-19, pemerintah Arab Saudi akhirnya kembali membuka umroh bagi jamaah Indonesia. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Haikal.

Beruntung bagi Haikal, pada awal September 2022 mendapatkan kesempatan untuk menginjakkan kaki ke Tanah Suci untuk kedua kalinya. Meski pada awalnya dia hanya mengikuti ajakan kedua orang tuanya, namun umroh kali ini mendatangkan sejumlah pengalaman tak terlupakan.

"Awalnya karena ajakan orang tua. Setelah sekali, jadi pengen lagi, dan yang sekarang sangat berbeda. Ini kan perjalanan untuk ibadah ya bukan liburan. Jadi berkesan banget banyak kejadian menakjubkan yang tertinggal di hati," kata Haikal melalui siaran resminya, Jumat (16/9/2022).

Haikal pun membagikan sejumlah pengalaman menarik saat dirinya menjalankan serangkaian ibadah umroh yang memakan selama kurang lebih 2 minggu. Salah satu yang membedakan antara umroh sebelum dan pasca pandemi sendiri terletak pada rangkaian prosesnya.



Di mana Arab Saudi membuat kebijakan meniadakan menjaga jarak antar saf sholat untuk semua rangkaian ibadah umroh. Persyaratan untuk mengurus visa umroh pun terbilang mudah. Hal terpenting yang harus disiapkan adalah calon jamaah sudah mendapatkan vaksin booster. Selain itu juga diperlukan vaksin meningitis.

"Haikal hanya suntik meningitis di RS terdekat aja. Prosesnya mudah sehari langsung dapet kartu kuning. Saat Haikal pergi kemarin juga, kebetulan kebijakan untuk test PCR sebelum berangkat dan kepulangan umroh sudah dihapus. Begitu juga dengan karantina. Alhasil banyak jamaah dari Tanah Air yang berbondong bondong melaksanakan ibadah umroh. Alhamdulillah bagus," jelas Haikal.

Untuk penginapan, tiket pesawat, dan keperluan akomodasi lainnya, Haikal sekeluarga mempercayakan pada agen travel langganan mereka. Selain meniadakan social distancing, Arab Saudi juga menyediakan fasilitas baru yang bisa dijajal jamaah, yakni kereta cepat untuk keberangkatan menuju kota Mekkah dari kota Madinah, dan skuter listrik.

Moda transportasi kekinian ini bisa ditemui di Masjidil Haram untuk melakukan tawaf dan sa'i. Haikal mengatakan, kehadiran skuter listrik dan kereta cepat dari Madinah ke Mekkah itu sangatlah membantu. Apalagi jika jamaah datang bersama orang tua berusia lanjut. Karena skuter listrik sendiri sebenarnya diperuntukan untuk disabilitas dan orang tua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)