Berkunjung ke Jepara, Jangan Lewatkan 6 Destinasi Wisata Ini

Minggu, 25 September 2022 - 04:03 WIB
loading...
A A A
Mulanya gedung sekolah ini benama Open Bare Ambacht School. Setelah berganti nama beberapa kali, akhirnya tempat ini dijadikan sebagai sekolah menengah negeri.

Sebagai museum ukir pertama di dunia, tempat bersejarah ini memiliki daya tariknya tersendiri, yang paling menarik adalah koleksi ukir yang berasal dari dalam dan luar wilayah Jepara.

Contohnya, koleksi yang berasal dari Suku Asmat—Papua. Adapun salah satu koleksi museum yang terkenal adalah bola dunia yang terbuat dari ukiran kayu —bola dunia ini konon merupakan permintaan Presiden Soekarno saat mengunjungi SMPN 6 Jepara pada 1962.

5. Benteng Portugis

Tempat bersejarah selanjutnya adalah Benteng Portugis, jadi wisata sejarah andalan di Jepara. Berlokasi di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo atau letaknya persis di pinggir laut, sehingga pemandangannya semakin menarik dan epik.

Benteng Portugis dibangun di atas bukit batu di pinggir laut dan merupakan lokasi pertahanan yang strategis pada masanya. Sesuai namanya, benteng ini dibangun Portugis sebagai bentuk kerja sama dengan Sultan Agung Mataram untuk melawan pihak VOC.

Namun, benteng ini hanya ditempati beberapa tahun saja oleh bangsa Portugis. Pada masa pendudukan Jepang, benteng ini kembali digunakan sebagai tempat pengintai laut.

6. Museum R.A Kartini

Tentu saja Jepara dikenal dengan sejarah R.A Kartini, seorang pejuang perempuan yang mengedepankan hak-hak perempuan agar menjadi seorang yang lebih baik dan tidak mudah ditindas.

Sejarah perjuangannya ini diabadikan dan dibuatkan museum yang dinamakan R.A Kartini. Berlokasi di Jalan Alun-Alun No. 01, Panggang, museum ini diresmikan Bupati Soedikto pada 21 April 1977.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)