Terungkap! Rahasia Mencuci Terbaik

Kamis, 29 September 2022 - 17:48 WIB
loading...
Terungkap! Rahasia Mencuci Terbaik
foto: doc freepik
A A A
JAKARTA - Salah satu aktivitas yang rutin dilakukan sehari-hari adalah mencuci baju. Siapa pun Anda, baik masih muda ataupun telah berkeluarga, pasti melakuan aktivitas ini. Meski sering dilakukan namun terkadang masih ada sejumlah kekhilafan. Akibatnya, hasil cucian baju atau pakaian tidak maksimal. Misalnya saja, warna menjadi pudar, bau apek hingga baju tidak sebersih yang kita harapkan.

Dalam kenyataannya, memang mencuci baju ada teknik tertentu agar hasilnya maksimal. Di antaranya, pertama, lakukan perendaman pada baju tertentu. Pastikan semua pakaian terendam dengan baik. Waktu perendaman biasanya membutuhkan sekitar 15-60 menit sesudah diberikan deterjen.

Pada kemeja, sebaiknya lakukan perendaman sampai 30 menit. Proses perendaman tersebut dapat memudahkan proses pengangkatan noda saat mengucek pakaian. Campurkan deterjen ke dalam air, setelah itu Anda dapat memasukkan pakaian satu per satu. Tujuannya agar deterjen tidak menempel ke pakaian.

Kedua, cek label pakaian. Tahapan ini sangat penting. Karena setiap pakaian memiliki label yang isinya salah satunya adalah cara mencuci baju dengan benar sesuai bahan pakaian tersebut. Label pakaian ini umumnya terletak di bagian dalam, tepatnya pada kerah.

Biasanya di label tertera informasi mengenai jenis kain, cara menyetrika, cara mencuci hingga informasi suhu untuk mengeringkan baju tersebut.

Instruksi tersebut tertulis dalam bentuk simbol. Jadi Anda harus memahami simbol-simbol tersebut agar pakaian dapat dicuci sesuai dengan prosedur dari bahan pakaian tersebut.

Ketiga, pisahkan baju berdasarkan warna. Pisahkan baju yang berwarna gelap, putih dan berwarna, karena biasanya baju berwarna gelap, seperti biru tua dan warna hitam akan luntur. Sehingga jika disatukan, maka bakal melunturi baju yang lain.

Keempat adalah pilih detergen yang tepat. Deterjen ini elemen penting saat mencuci baju. Karena jika keliru memilihnya, maka menyebabkan baju kesayanganmu mudah rusak. Sebaiknya, gunakan deterjen lembut pada pakaian yang berbahan halus.

Untuk baju berwarna putih, tambahkan pemutih supaya warnanya lebih cemerlang. Jangan lupa ketika ingin membersihkan baju berwarna putih ketika merendam ataupun saat membilasnya gunakan bak yang berbeda.

Kelima, rendam di air yang tepat. Anda bisa menggunakan air hangat bahkan panas untuk merendam pakaian tertentu misalnya kaos kaki, pakaian berbahan jeans dan bahan sintetis. Air panas berfungsi untuk melarutkan deterjan dengan mudah, Dalam hal ini, pastikan temperature air panas ada di suhu 32oC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)