Wajib Tahu, Ini 4 Tips Menjaga Kolesterol Tubuh Tetap Normal

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 11:24 WIB
loading...
A A A
"Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menurunkan kadar kolesterol LDL tinggi dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, seperti memilih makanan lebih rendah lemak jenuh dan lemak trans serta menjaga berat badan yang sehat," jelas CDC dalam laman resminya.

3. Rutin Cek Kolesterol

Bukan hanya asupan yang dijaga, ternyata rutin cek kesehatan, seperti kolesterol juga dibutuhkan. CDC menyarankan agar rutin cek, setidaknya sekali setiap 4-6 tahun jika tidak memiliki penyakit jantung. Beberapa orang perlu memeriksakan kolesterolnya lebih sering atau lebih jarang.

4. Makan Sayur dan Buah

Rajin makan buah dan sayur juga menjadi salah satu untuk tetap sehat dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

The Heart Foundation merekomendasikan agar mengikuti pola makan jantung sehat, yang berarti makan berbagai macam makanan segar (buah dan sayur) dan tidak diproses.

Juga membatasi makanan olahan termasuk take away, makanan panggang, cokelat, keripik, permen dan minuman manis. Sementara buat orang dengan kolesterol tinggi harus memilih varietas rendah lemak.

Baca juga: KDI 2022 Challenge Kembali dengan Uang Jutaan Rupiah

"Cara makan ini juga secara alami tinggi serat, yang merupakan kabar baik karena asupan serat makanan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah," sebut Better Health dalam lamannya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)