Apakah Kebiasaan Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk? Ini Faktanya

Minggu, 02 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
Apakah Kebiasaan Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk? Ini Faktanya
Air dingin disukai karena sensasinya yang dianggap lebih menyegarkan dibandingkan air biasa. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Air dingin disukai karena sensasinya yang dianggap lebih menyegarkan dibandingkan air biasa. Namun, selama ini beredar rumor di tengah masyarakat bahwa air dingin bisa menyebabkan kegemukan. Benarkah demikian?

Menurut Ahli Gizi dr. Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, air dingin atau air es sesungguhnya tidak berkaitan dengan kegemukan. Air minum dingin tidak mengandung kalori, sehingga apabila dikonsumsi tak akan menyebabkan gemuk alias gendut.

"Tidak bikin gendut kalau tidak ditambahkan gula ataupun sirup. Air saja tidak ada kalorinya kok, jadi itu mitos," tandas dr. Cindiawaty J Pudjiadi di Jakarta belum lama ini.

Baca Juga: Berendam Air Dingin Bantu Kurangi Lemak Tubuh, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Melansir laman Verywell, satu cangkir air mengandung 8 ons cairan, atau 237 gr air menyediakan 0 kalori, 0 gr protein, 0 gr karbohidrat, dan 0 gr lemak. Air adalah sumber hidrasi yang sangat baik, mungkin mengandung banyak mineral termasuk kalsium, fluorida, besi, kalium, atau natrium.

Sehingga perlu dipahami, dalam sehari seseorang membutuhkan cairan yaitu air minum. Divisi Kesehatan dan Kedokteran National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merekomendasikan agar wanita dewasa mengonsumsi sekitar 91 ons air setiap hari (2,7 liter atau 11,5 gelas).

Sementara untuk pria mendapatkan sekitar 125 ons (3,7 liter atau 15,5 gelas). Itu termasuk semua sumber air, termasuk minuman yang Anda minum dan makanan yang Anda makan.

Apabila kurang minum air, seseorang bisa mengalami dehidrasi, yang ringan atau berat dapat memengaruhi fungsi kognitif dan suasana hati. Maka, minum cukup air juga baik untuk fungsi otak.

"Satu studi menunjukkan bahwa dehidrasi bisa 2% mengganggu beberapa fungsi kognitif," demikian keterangan Verywell.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1895 seconds (10.55#12.26)