6 Jenis Olahraga Paling Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, Cukup 30 Menit Sehari

Senin, 03 Oktober 2022 - 07:08 WIB
loading...
A A A
Apakah berjalan sama baiknya dengan berlari untuk kesehatan jantung telah lama menjadi bahan perdebatan. Terutama seiring bertambahnya usia, berjalan sering kali bisa menjadi olahraga yang jauh lebih baik dalam melindungi kesehatan sendi. Manfaat termasuk mengurangi risiko kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Dibutuhkan lebih lama untuk menghilangkan kalori daripada membuangnya. Namun, jika Anda membakar 300 kalori, Anda telah menghabiskan jumlah energi yang sama. Anda kemungkinan akan mengalami manfaat serupa. Peneliti menyatakan bahwa berjalan 4,3 mil dengan kecepatan cepat akan membutuhkan jumlah energi yang sama dengan berlari sejauh tiga mil.

3. Bersepeda

Jika memungkinkan untuk bersepeda ke tempat kerja, cobalah. Penelitian telah menunjukkan beberapa manfaat positif. Para ilmuwan melaporkan dalam Jurnal Asosiasi Jantung Amerika bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja lebih kecil kemungkinannya terkena kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.

Sebuah studi kedua menemukan bahwa bersepeda mengurangi risiko penyakit jantung. Sekelompok orang dewasa antara usia 50 tahun - 65 tahun yang secara teratur menghabiskan waktu bersepeda memiliki 11-18 lebih sedikit serangan jantung selama periode 20 tahun dibandingkan mereka yang tidak.



4. Berenang


Peneliti membandingkan berenang dengan berjalan pada wanita berusia 50 tahun hingga 70 tahun. Mereka menemukan bahwa berenang meningkatkan berat badan, distribusi lemak tubuh, dan kadar kolesterol jahat lebih baik daripada berjalan.

Para peneliti juga melihat efek menguntungkan dari berenang pada pria. Mereka menemukan bahwa perenang memiliki risiko kematian 53 persen, 50 persen, dan 49 persen lebih rendah dari penyebab apa pun daripada pria yang tidak banyak bergerak, pejalan kaki, atau pelari.

5. Angkat Beban

Ini adalah jenis olahraga yang paling sering direkomendasikan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan ketahanan juga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam pelatihan resistensi mampu membersihkan kolesterol jahat dari aliran darah lebih cepat daripada mereka yang tidak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)