Kopi Bisa Jadi Teman Jantung jika Dikonsumsi dengan Tepat

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
A A A
"Porsi minum kopi juga perlu diperhatikan. Berdasarkan rekomendasi, dalam satu hari sebaiknya tidak lebih dari 400mg kafein atau setara dengan tiga cangkir kopi. Bukan gelas ya, karena kalau gelas itu sudah lebih dari cangkir," tuturnya.



"Namun, manusia itu tidak ada yang sama, kita yang bersaudara saja punya karakteristik yang berbeda. Bisa saja seseorang pada saat minum tiga cangkir kopi mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi orang yang berbeda saat minum dalam jumlah yang sama justru tekanan darahnya naik atau meningkatkan risiko serangan jantung," jelas dr. Dedy.

Dalam kesempatan yang sama, Product Manager GENME Kalbe, apt. Canindera Costa, S.Farm, menuturkan bahwa porsi kopi untuk mendapatkan manfaat kesehatan atau risiko gangguan jantung bisa diketahui dengan pemeriksaan genetik.

"Kalbe memiliki fasilitas NutriGENME yang dapat membantu menganalisa risiko penyakit, metabolisme, atau kemampuan tubuh mengelola senyawa-senyawa yang ada dalam makanan termasuk kopi yang kaya akan kafein," ungkap Canindera Costa.

"NutriGENME berlandaskan research Human Genome Projects, untuk memetakan genetik manusia. Kita memeriksa dari media air liur untuk mendapatkan materi DNA yang kemudian diekstrak. Kemudian, kita lakukan pemetaan genetiknya. Dari pemeriksaan ini pula kita akan tahu hal apa yang harus dilakukan oleh orang ini untuk setidaknya mencegah risiko yang sudah ada atau bahkan menghindari risiko," jelas dia.

Baca juga: Kenali 7 Bahasa Tubuh Pria yang Diam-Diam Tertarik Padamu

Canindera Costa menambahkan jika kopi yang diperiksakan gennya adalah CYP1A2 yang memang berhubungan langsung dengan bagaimana kemampuan tubuh mengelola kafein dalam kopi, teh, cokelat, bahkan energy drink.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0773 seconds (0.1#10.140)