Mengenang Johan Tjasmadi Tokoh Film Indonesia yang Telah Tiada

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 07:57 WIB
loading...
A A A
Pak John memang bukan sekali ini memberi hadiah kejutan. Saya naik haji pertama kali di tahun 1991 karena dia mendaftarkan saya dan istri dalam rombongan pembuatan film dokumenter yang digagasnya, "Perjalanan Pak Harto Naik Haji". Saya pertama kali menginjak benua Amerika juga atas prakarsanya.

Film "Bibir Mer" yang disutradarai sineas kondang Arifin C Noer didaftarkan Pak John ikut kompetisi film berbahasa asing di ajang Oscar. Berangkatlah kami ke Los Angeles bersama tokoh pers nasional Rosihan Anwar, Prof Salim Said, wartawan Pos Kota Dimas Supriyanto mengawal film itu. Pak John sendiri tidak ikut.

Pak John memang sosok yang dikenal ringan tangan membantu orang. Ia sering memberi hadiah kejutan kepada banyak kalangan. Kenapa kamera Olympus itu menjadi misteri? Karena waktu itu kondisi kesehatannya cukup kritis, ia baru saja keluar rumah sakit. Saya sempat ragu menerimanya. Seakan dia mengirim firasat ia takkan lama lagi.

Tapi lepas dari itu memang mengharukan karena kebiasaannya memberi masih berlanjut meski dalam keadaan ktitis sakit. Kamera itu karenanya saya simpan dengan baik sebagai kenangan terindahnya.

Tiada Lagi Pak John

Semoga amal ibadahnya, ketulusannya mengabdi kepada dunia film, melancarkan jalannya menemui Allah SWT untuk mendapat tempat terbaik disisi-Nya. Semudah dan selancar ketika menutup mata selamanya, di hari baik, hari Jumat.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)