Menghindari Penyakit Kronis, Agar Hidup Lebih Manis

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:01 WIB
loading...
Menghindari Penyakit Kronis, Agar Hidup Lebih Manis
Penyakit kronis tidak hanya diidap orang lanjut usia saja. Kalangan muda serta produktif dapat terkena. Terlebih mempunyai gaya hidup tidak sehat. Foto/Tika Vidya
A A A
JAKARTA - Penyakit kronis tidak hanya diidap oleh orang lanjut usia saja. Namun, kalangan muda serta produktif pun dapat terkena penyakit kronis. Terlebih bagi mereka yang mempunyai gaya hidup tidak sehat. Risiko penyakit mengintai dan dapat timbul sewaktu-waktu.

Berangkat dari permasalahan tersebut, RS Harapan Bunda bersama Litbang MNC Portal Indonesia mengadakan Health Talk "Tips Menghindari Penyakit Kronis Agar Hidup Menjadi Lebih Manis" pada Jumat, 14 Oktober 2022 di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dr Endemina Theresia, Sp.Pd Finasim, dokter spesialis penyakit dalam RS Harapan Bunda, dalam paparannya mengatakan bahwa usia produktif adalah usia di mana seseorang masih aktif bekerja. Ketika berusia 30-40 tahun bisa saja belum mengeluh suatu penyakit.

Namun di usia 40 tahun biasanya mulai muncul penyakit, yang bisa saja merupakan penyakit kronis. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan medical check up (MCU). Melalui MCU, apabila diketahui menderita penyakit kronis, tentu dapat melakukan penanganan lebih dini.

Dalam kesempatan tersebut, Denny Setiawan yang merupakan Head of SEO MNC Portal Indonesia membagikan pengalamannya. Ia sempat ditolak donor darah karena ternyata dirinya memiliki hipertensi atau darah tinggi. Ia mengidap darah tinggi sejak 2018.

Menghindari Penyakit Kronis, Agar Hidup Lebih Manis

Foto/Tika Vidya



Menghindari Penyakit Kronis, Agar Hidup Lebih Manis

Foto/Tika Vidya

Beberapa gejala yang dirasakan pria jelang 40 tahun ini antara lain pusing hingga perut yang bermasalah. Hipertensi sendiri merupakan salah satu penyakit kronis, tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol.

Menanggapi hal ini, dr Endemina mengingatkan bahwa risiko penyakit kronis bisa didapatkan dari keturunan. Genetik berperan dalam beberapa penyakit. Apabila ada faktor genetik, maka seseorang harus sudah sadar untuk menjalankan pola hidup sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)