Air Terjun Lembah Anai Ikon Pariwisata Sumbar

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 14:02 WIB
Air Terjun Lembah Anai Ikon Pariwisata Sumbar
Air Terjun Lembah Anai Ikon Pariwisata Sumbar
A A A
PADANG - Air terjun Lembah Anai yang terletak di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat atau tepatnya pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi cukup memakau para wisatawan yang berkunjung ke ranah Minang.

Air terjun dengan ketinggian sekira 50 meter ini termasuk ke dalam kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai. Keindahan panorama yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai dengan citra alam merupakan sebagai salah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatera Barat.

Sumber Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam.

Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.

Sebelum sampai di lokasi, dari Kota Padang maupun Kota Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, tampak lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon, terkadang bermunculan monyet-monyet yang berkeliaran.

Untuk mencapai tempat tersebut dari Kota Padang bisa ditempuh perjalanan selama lebih-kurang satu jam menggunakan angkutan umum atau kereta api pariwisata.

Wisatawan baik lokal maupun mancanegara juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang ada di wisata air terjun Lembah Anai ini. Di tempat tersebut telah tersedia beberapa warung untuk beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman yang pastinya masakan khas dari Sumatera Barat. Selain itu, para pelancong juga dapat menikmati oleh-oleh atau makanan ringan khas Sumatera Barat.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, di tempat wisata air terjun Lembah Anai ini menyediakan areal parkir yang cukup luas. Sehingga, tak perlu khawatir tidak tidak kebagian tempat parkir. Fasilitas lain yaitu toilet bagi para pengunjung atau wisatawan yang mau mandi dan lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, tak jauh dari lokasi air terjun Lembah Anai tersedia banyak penginapan yang disewakan oleh penduduk setempat, harganya pun beraneka macam. Namun jika anda ingin menginap di hotel yang berbintang anda dapat menginap di pusat Kota Padang atau Bukittinggi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3583 seconds (0.1#10.140)