Makin Digandrungi, Intip Keunikan Desain Rumah Apung di Sungai Mahakam Kaltim

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 21:55 WIB
loading...
Makin Digandrungi, Intip Keunikan Desain Rumah Apung di Sungai Mahakam Kaltim
Sungai Mahakam tak hanya dijadikan tempat wisata saja, melainkan terdapat kegiatan seperti pasar terapung hingga rumah apung. Foto/Instagram Indoflashlight
A A A
JAKARTA - Sungai Mahakam, Kalimantan Timur (Kaltim) jadi salah satu daya tarik wisatawan karena keunikannya. Sungai ini tak hanya dijadikan tempat wisata saja, melainkan terdapat kegiatan seperti pasar terapung hingga rumah rumah apung.

Dikutip dari akun Instagram @indoflashlight, terdapat sejumlah rumah apung yang melintas di aliran sungai Mahakam. Tak hanya sekadar bangunan, tapi juga lengkap dengan perabotan rumah tangga, serta terdapat deretan baju yang sedang dijemur layaknya halaman.

Jika Anda berkesempatan datang ke Sungai Mahakam, maka akan melihat rumah apung yang sedang berlalu lalang. Sementara itu, untuk listriknya masih menggunakan tenaga diesel dan tenaga surya.

Asal tahu, bahwa Mahakam masuk ke dalam sungai terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang mencapai 192 kilometer (km), dan luas sekitar 149.277 km persegi.



Melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam.

Tak heran apabila sungai satu ini dimanfaatkan sebagai mata pencaharian, bahkan jadi area tempat tinggal bagi warga setempat. Salah satunya adalah rumah apung, menjadi tanda bawah Sungai Mahakam sangat penting bagi masyarakat Kaltim.

Kemudian dilansir dari laman Dispar Kabupaten Kutai Kartanegara, nama Mahakam berasal dari bahasa Sansekerta, yang terbagi dalam dua etimologi, yakni kata Maha dan Kama.

Maha berarti tinggi atau besar. Sedangkan Kama berarti cinta. Artinya, Mahakam, dapat diterjemahkan sebagai cinta yang sangat besar atau agung.

Sesuai dengan filsafah penduduk asli Kutai bahwa sekali minum air Sungai Mahakam maka akan terpikat hati dan ingin kembali lagi untuk menetap di Kalimantan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)