Waspada Leptospirosis saat Musim Hujan, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 11:05 WIB
loading...
Waspada Leptospirosis saat Musim Hujan, Kenali Gejala dan Penyebabnya
Leptospirosis adalah infeksi bakteri langka yang disebabkan oleh hewan. Penyakit ini menyebar melalui urine hewan, terutama dari anjing, hewan pengerat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Leptospirosis adalah infeksi bakteri langka yang disebabkan oleh hewan. Penyakit ini menyebar melalui urine hewan, terutama dari anjing, hewan pengerat, dan hewan ternak. Hewan tersebut tidak memiliki gejala apa pun, tetapi mereka bisa menjadi pembawa penyakit.

Dalam kebanyakan kasus, leptospirosis tidak mengancam jiwa, seperti kasus flu. Penyakit ini jarang bertahan lebih dari seminggu. Tetapi sekitar 10 persen, ketika seseorang mengalami leptospirosis yang parah akan sembuh, tetapi kemudian sakit lagi.

Dilansir dari Webmd, Jumat (28/10/2022) leptospirosis yang disebut juga sebagai penyakit weil ini dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih serius. Seperti nyeri dada dan lengan serta kaki bengkak serta membutuhkan rawat inap.

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira interrogans. Organisme ini dibawa oleh banyak hewan dan hidup di ginjal mereka. Itu berakhir di tanah dan air melalui urine mereka.



Jika Anda berada di sekitar tanah atau air tempat hewan yang terinfeksi kencing, kuman dapat menyerang tubuh melalui luka di kulit, seperti goresan, luka terbuka, atau area kering. Ini juga bisa masuk melalui hidung, mulut, atau alat kelamin.

Penyakit ini tidak menular dari manusia lain, meskipun dapat ditularkan melalui hubungan seks atau menyusui. Seseorang yang menghabiskan banyak waktu di sekitar hewan atau di luar ruangan berisiko tinggi mengidap leptospirosis.

Seseorang dengan pekerjaan seperti petani, dokter hewan, pekerja bawah tanah, pekerja rumah potong hewan dan personil militer berisiko tinggi mengidap leptospirosis. Juga, jika Anda rakit, berenang, atau berkemah di dekat danau dan sungai yang terkena dampak, bisa terkena penyakit ini.

Leptospirosis lebih sering ditemukan di daerah beriklim hangat. Dan meskipun bakteri ini hidup di seluruh dunia. Leptospirosis sangat umum di Australia, Afrika, Asia Tenggara, Amerika Tengah dan Selatan, dan Karibia.

Baca Juga: Cegah Virus Leptospirosis, Pentingnya Pola Hidup Sehat

Gejala leptospirosis biasanya akan muncul dalam waktu 2 minggu. Namun, dalam beberapa kasus, gejala mungkin tidak muncul selama satu bulan atau tidak sama sekali. Penyakit ini menyerang dengan cepat sehingga Anda akan demam dengan disertai gejala khas.

Mulai dari sakit kepala, sakit otot, penyakit kuning, muntah, diare dan ruam kulit. Banyak dari gejala ini mirip dengan penyakit lain, termasuk flu dan meningitis, jadi penting untuk melakukan tes.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3751 seconds (0.1#10.140)