Minum 2 Gelas Jus Jeruk Sehari Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selasa, 01 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Minum 2 Gelas Jus Jeruk...
Minum dua gelas jus jeruk sehari dapat menurunkan kolesterol tinggi. Orang dengan kolesterol tinggi berisiko mengalami serangan jantung dan stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minum dua gelas jus jeruk sehari dapat menurunkan kolesterol tinggi . Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat dengan cepat bisa menjadi berbahaya. Orang dengan kolesterol tinggi berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Dilansir dari Express, Selasa (1/11/2022) tetapi penelitian telah menunjukkan beberapa perubahan pola makan sederhana yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Salah satunya dengan minum jus jus jeruk setiap hari.

Sebuah studi dalam jurnal Lipids in Health and Disease menemukan bahwa minum dua cangkir jus jeruk sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Minuman ini kaya akan nutrisi yang disebut flavonoid yang telah terbukti menurunkan kolesterol dalam penelitian lain.

Studi tersebut mengamati 103 pria dan 26 wanita yang bekerja di pabrik jus jeruk dan dapat minum jus jeruk secara gratis setiap hari. 41 persen dari sukarelawan dikonfirmasi peminum jus jeruk setiap hari selama setahun, dibandingkan dengan 59 persen yang tidak.

Baca Juga: Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi, hanya Butuh 5 Bahan

Orang sehat, dengan kadar kolesterol normal yang minum jus jeruk setiap hari mengalami penurunan kolesterol jahat sebesar 18 persen pada akhir percobaan. Sedangkan orang yang didiagnosis dengan kolesterol tinggi mengalami penurunan 12 persen.

Para penulis menjelaskan bahwa manfaat jus jeruk mungkin karena adanya vitamin C dan folat, serta bahan kimia bermanfaat lainnya. Jus jeruk mengandung sejumlah besar flavonoid, terutama hesperidin, dan kandungannya terkait dengan kondisi pemrosesan jus.

Flavonoid ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian sebelumnya menemukan efek antioksidan vitamin C bersifat vasoprotektif dan bahkan sejumlah kecil folat telah dikaitkan dengan tingkat homosistein yang lebih rendah dan lebih sedikit kejadian tromboemboli atau pembekuan darah yang menyebar ke area lain.

Mengonsumsi protein whey, yang dapat ditemukan dalam susu juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Protein whey, yang ditemukan dalam produk susu, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan produk susu.

Baca Juga: 3 Bagian Tubuh yang Sakit saat Terkena Kolesterol, Tak hanya Leher Kaku

“Penelitian telah menunjukkan bahwa protein whey yang diberikan sebagai suplemen menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total serta tekanan darah,” jelas Mayo Clinic.

Makanan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat adalah ikan berlemak, seperti makarel, herring, tuna, salmon, dan trout, alpukat, kacang, beras merah, buah-buahan dan sayur-sayuran.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
8 Cara Cegah Asam Urat...
8 Cara Cegah Asam Urat dan Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jangan Kalap Makan!
5 Minuman yang Bisa...
5 Minuman yang Bisa Membantu Meningkatkan Imun Tubuh, Kaya Vitamin dan Antioksidan
Ini Waktu Terbaik Minum...
Ini Waktu Terbaik Minum Jus Jeruk agar Manfaatnya Optimal
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Bogor, 7 dari 10 Peserta Berisiko Penyakit Kronis
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Rekomendasi
Stafsus Menag Tinjau...
Stafsus Menag Tinjau GKJ Nusukan Solo, Jamin Kebebasan Beribadah
Amerika Serikat vs Paraguay:...
Amerika Serikat vs Paraguay: Awal Krusial di Grup D Piala Dunia 2026
SIG Resmikan Fasilitas...
SIG Resmikan Fasilitas Ekspor Tuban, Bidik 450.000 Ton Semen ke AS
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
Bahaya! 5 Minuman Ini...
Bahaya! 5 Minuman Ini Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved