6 Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Selasa, 01 November 2022 - 18:32 WIB
loading...
6 Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung
Terdapat sejumlah sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung. Salah satunya bayam. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung . Tak hanya memiliki rasa yang lezat , beberapa jenis sayuran ini juga memiliki berbagai khasiat yang bisa meringankan masalah kesehatan tersebut.

Pada gejala yang ditimbulkan, asam lambung biasanya menimbulkan nyeri ulu hati, sensasi perih di dada, hingga rasa pahit di sekitar pangkal tenggorokan.

Baca juga : Redakan Gejala Flu Secara Singkat, Sayuran Ini Disebut Sayuran Super

Dalam hal ini, pengidap asam lambung perlu memperhatikan jenis asupan makanannya agar tidak memperparah keadaan. Sebagai contoh, mereka bisa mengkonsumsi sejenis sayuran yang memang dianjurkan bagi penderita masalah kesehatan ini.

Dilansir dari laman Vegkitchen, berikut beberapa sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung.

1. Bayam

Pada penderita asam lambung, bayam bisa membantu untuk melawan rasa mulas yang terjadi. Dalam hal ini, sifat basa pada bayam berperan cukup penting dan membuatnya menjadi antasid yang baik.

Namun, khasiat ini hanyalah satu dari sekian banyak manfaat lainnya pada bayam. Sebut saja seperti memenuhi kebutuhan harian beta karoten, vitamin K, serat, serta antioksidan yang terbukti memiliki sifat antikanker.

2. Brokoli

Sayuran hijau ini juga memiliki khasiat yang baik bagi penderita asam lambung. Dalam kandungannya, brokoli memiliki probiotik yang bekerja untuk melindungi hal baik dan menjauhkan hal buruk yang bisa mendorong asam lambung Anda untuk naik.

Selain itu, Brokoli juga memiliki sifat basa seperti bayam, sehingga akan bekerja cukup baik untuk mengatasi mulas karena asam lambung yang menyerang.

Baca juga : 5 Sayuran Ini Sahabat Terbaik Penderita Diabetes

3. Timun

Mentimun memiliki kandungan protease atau sebuah enzim yang bisa membelah protein. Dengan fungsi tersebut, enzim ini akan membantu tubuh untuk mencerna nutrisi yang kaya protein serta membersihkan usus dengan membunuh bakteri jahat.

Berkenaan dengan mulas akibat asam lambung, timun merupakan jenis makanan yang mengandung basa, sehingga bisa menetralkan asam dalam tubuh dengan cara meningkatkan nilai pH.

4. Lobak

Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung berikutnya adalah lobak. Tak hanya bagus untuk pengidap sakit maag, jenis sayuran ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Rasa khas yang dimiliki lobak mengandung minyak mustard dalam jumlah tinggi. Untuk diketahui, kandungan tersebut juga bisa membantu mengatasi gejala mulas pada pengidap asam lambung.

Selain itu, minyak mustard ini juga bisa menenangkan perut dan menurunkan produksi asam lambung dalam tubuh.

5. Asparagus

Dalam lingkup sayuran hijau, asparagus juga memiliki kandungan basa yang artinya sangat baik untuk kesehatan perut dan sistem pencernaan. Selain rendah lemak dan gula, sayuran ini juga akan membantu Anda untuk mengurangi asam lambung dalam tubuh.

6. Kentang

Kentang dan ubi jalar tidak memiliki kandungan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Dalam hal ini, jenis umbi-umbian ini rasanya bisa menjadi pilihan konsumsi bagi penderita asam lambung.

Namun, tentu Anda perlu memperhatikan juga proses pengolahan atau memasaknya. Jangan sampai menambahkan bahan atau campuran lain yang justru menjadi pemicu naiknya asam lambung.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)