Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini

Selasa, 07 Juli 2020 - 14:35 WIB
loading...
Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini
Mengonsumi makanan yang dimasak sendiri dan makanan super adalah cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang melemah di tengah cuaca ekstrem seperti sekarang. (The Weather Channel)
A A A
Cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang yang dilaporkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di sejumlah wilayah di Indonesia mulai dari 6—8 Juli mendatang berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Salah satunya dengan makanan buatan sendiri, dan makanan super yang meningkatkan kekebalan tubuh yang melemah. Makanan super adalah makanan kaya nutrisi yang dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan. Ternyata ada lebih banyak makanan super daripada biji kale dan chia. Makanan super tertentu tidak mengharuskan Anda menghabiskan banyak uang. (Baca Juga: Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan )

"Sedikit kunyit dalam segelas air hangat pertama di pagi hari dapat bekerja dengan baik untuk membangun kekebalan yang lebih kuat. Makanan kaya vitamin C, jambu biji, dan paprika dari semua jenis, area sayuran harus," kata ahli nutrisi makrobiotik dan praktisi kesehatan, Shilpa Arora.

"Kaldu tulang baik untuk dosis harian meningkatkan mineral. Tetap jauhi makanan olahan yang menyebabkan peradangan. Madu mentah organik juga merupakan pilihan yang baik untuk infeksi tenggorokan," sambungnya.

Berikut 5 makanan super untuk menjaga daya tahan tubuh selama cuaca ekstrem seperti dilansir dari NDTV.

1. Lemon
Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini

Banyak mengandung vitamin C, jus lemon tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga membantu memperlancar pencernaan dengan merangsang sekresi empedu. Ini juga merupakan tonik hati yang sangat baik. Minum jus lemon saat perut kosong setiap pagi dapat menghilangkan racun dan menghilangkan rasa lelah.

2. Kunyit
Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini

"Komponen aktif kunyit, kurkumin membuatnya menjadi antioksidan yang kuat. Tambahkan sejumput kunyit ke dalam susu dan berikan kepada mereka sebelum waktu tidur. Menambahkan beberapa kunyit akan semakin meningkatkan sifat penyembuhan dari susu," kata ahli gizi Meher Rajput dari FITPASS.

"Lada hitam dan teh kunyit membantu melawan infeksi dan penyakit," tambah Shilpa.

3. Jahe
Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini

Sebagian besar dikonsumsi dengan teh, jahe telah terbukti sangat efektif melawan peradangan. Jahe dikenal memiliki sifat detoks yang sangat baik, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kacang-kacangan
Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini

Konsumsi kacang-kacangan seperti kacang mete, almond dan kenari menjaga tubuh dari infeksi.

"Buat mereka (kacang) dalam bentuk apa pun, kering atau dipanggang. Kenari, almond, kurma dan kismis adalah sumber vitamin dan antioksidan yang baik. Mereka kaya protein dan sumber lemak baik yang juga akan memastikan bahwa tingkat energi anak Anda selalu tinggi,"ujar Rajput.

5. Teh herbal
Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini

Teh herbal bisa menjadi tonik yang bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat. Antioksidan yang terkandung dalam teh herbal sangat membantu dalam memerangi flu. Buat teh herbal tulsi atau kemangi dengan sesendok madu. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi membuat minuman ini detoksifikasi yang baik juga.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)