7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Terhindar dari Penyakit di Musim Hujan

Kamis, 03 November 2022 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Tingginya intensitas hujan secara langsung menurunkan suhu udara. Membawa payung atau jas hujan, juga pakaian ganti saat perkiraan cuaca atau langit tampak mendung sebaiknya menjadi prioritas saat akan keluar rumah. Gunakan pakaian yang cukup tebal atau jaket. Selain itu, buatlah tubuh tetap hangat dengan meminum air hangat.

6. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Jagalah kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari. Jika tubuh basah karena terkena air hujan, segeralah mandi hingga bersih dengan air hangat.

Tidak lupa untuk selalu mencuci tangan secara baik dan benar dengan sabun dan air mengalir sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah ke toilet, serta setelah memegang alat, bahan, atau benda yang dipegang bersama-sama.

Di samping itu, lakukan gerakan 3M rutin dengan menguras dan menutup bak air serta menimbun barang bekas atau benda yang memungkinkan menampung genangan air agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

7. Melakukan Vaksinasi

Musim hujan datang dengan sejumlah penyakit penyerta. Dalam kondisi ini, virus sangat mudah menyebar dan menular melalui tangan, tubuh, hingga masuk ke dalam sistem pernapasan.

Pemberian vaksin merupakan langkah preventif untuk melindungi Anda dan keluarga virus, baik influenza, Covid-19, dan lainnya. Studi menunjukkan bahwa vaksin influenza mengurangi risiko penyakit influenza secara keseluruhan dan memperkecil kemungkinan Anda sakit parah jika memang terinfeksi.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan. Sebaiknya, tips tersebut dilakukan setiap saat dan dijadikan sebagai kebiasaan, bukan hanya saat musim hujan atau masa pancaroba saja.

Baca juga: Wanita Indonesia Didorong agar Lebih Berani Melaporkan Kasus KDRT
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)