Apa Itu Opioid, Obat yang Pernah Bikin Aaron Carter Kecanduan

Minggu, 06 November 2022 - 15:05 WIB
loading...
Apa Itu Opioid, Obat yang Pernah Bikin Aaron Carter Kecanduan
Aaron Carter meninggal dunia di usia 34 tahun. Penyanyi itu diketahui tewas tenggelam di bathtub kamar mandi. Foto/Shutterstock/Suzanne Cordeiro
A A A
JAKARTA - Aaron Carter meninggal dunia di usia 34 tahun. Penyanyi yang terkenal dengan lagu hits berjudul I'm All About You itu diketahui tewas tenggelam di bathtub kamar mandi rumahnya di California, Amerika Serikat.

Aaron Carter dikenal sebagai artis bertalenta. Adik Nick Carter ini mampu melahirkan beberapa album musik, jago dance, dan piawai sebagai rapper. Sayang, saat beranjak dewasa, bintang serial Lizzie Mcguire ini justru memiliki masalah obat-obatan.

Di tahun-tahun berikutnya, Aaron mengalami masalah pribadi, termasuk penurunan berat badan yang ekstrem dan masalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Pada Juli 2017, Carter ditangkap atas tuduhan DUI dan ganja di Georgia saat berada di dalam mobil bersama pacarnya saat itu, Madison Parker.



Di tahun yang sama, Aaron Carter mengungkapkan bahwa dia kecanduan opioid setelah diberi resep oxycodone. Hal itu terjadi setelah perkelahian yang dilakukannya hingga membuat seseorang cedera.

Lantas, apa itu opioid? Sejauh mana dampak negatif bagi orang yang telah kecanduan opioid? Berikut ulasannya.

Opioid sebenarnya merupakan kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi nyeri sedang sampai berat atau sebagai obat bius sebelum operasi. Obat ini diberikan ketika obat pereda nyeri (analgesik) lain tidak mampu meredakan nyeri yang dirasakan pasien.

Opioid bekerja dengan cara memblokir sinyal rasa nyeri pada sel saraf yang menuju otak. Obat ini termasuk dalam golongan narkotika sehingga dapat menyebabkan ketergantungan. Karena itu, penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter.

Sayang, kasus kecanduan akan opioid telah membuat banyak dokter tidak lagi meresepkannya. Opioid sangatlah adiktif. Penyalahgunaan dapat menimbulkan beragam efek samping, overdosis, hingga kematian.



Beberapa efek samping mengonsumsi opioid dalam jangka panjang di antaranya:

Konstipasi
Mual
Mengantuk luar biasa
Keguguran
Berat badan lahir rendah
Kebingungan
Testosteron rendah
Kesulitan buang air kecil
Tulang menjadi lemah
Menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri

Selain itu, perasaan senang yang dihasilkan dari opioid biasanya membuat seseorang ketagihan. Akibatnya, opioid adalah obat yang sangat bisa membuat Anda kecanduan dan mengalami gejala putus obat jika penggunaannya dihentikan.

Untuk mengurangi efek samping yang bisa membahayakan diri Anda, sebaiknya jangan coba-coba menggunakannya tanpa izin dokter. Selalu patuhi aturan minum seperti yang diresepkan. Selain itu, pastikan dokter mengetahui semua obat dan suplemen yang sedang Anda minum bersamaan dengan opioid.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)