7 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Alami dan Ampuh

Selasa, 15 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Beberapa makanan dengan kandungan purin rendah antara lain produk susu rendah lemak dan bebas lemak, selai kacang dan sebagian besar kacang, buah dan sayuran, kopi, nasi gandum utuh, roti, dan kentang.

3. Hindari Obat yang Meningkatkan Asam Urat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat. Di antaranya obat diuretik, seperti furosemide (Lasix) dan hydrochlorothiazide, obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ dan aspirin dosis rendah.

Obat-obatan yang meningkatkan kadar asam urat menawarkan manfaat kesehatan yang penting, tetapi orang harus berbicara dengan dokter sebelum menghentikan atau mengganti obat apa pun.



4. Pertahankan Berat Badan yang Sehat


Mempertahankan berat badan sedang dapat membantu mengurangi risiko asam urat, karena obesitas meningkatkan risiko asam urat. Para ahli merekomendasikan agar fokus untuk membuat perubahan jangka panjang dan berkelanjutan untuk mengelola berat badan.

Seperti lebih aktif, makan makanan seimbang, dan memilih makanan padat nutrisi. Mempertahankan berat badan juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Hindari Alkohol dan Minuman Manis

Mengonsumsi banyak alkohol dan minuman manis seperti soda dan jus manis meningkatkan risiko terkena asam urat. Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan, berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan masalah metabolisme yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

6. Minum Kopi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4921 seconds (0.1#10.140)