Asupan Baik untuk Cegah Infeksi Urin

Rabu, 08 Juli 2020 - 17:07 WIB
loading...
Asupan Baik untuk Cegah Infeksi Urin
Meskipun tidak ada pengobatan rumahan yang dapat mengobati ISK, namun ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda mencegah infeksi ini. Foto Ilustrasi/Gymbuddy Now
A A A
JAKARTA - Infeksi saluran kemih atau dikenal juga sebagai ISK, merupakan infeksi umum yang disebabkan oleh bakteri . Namun, untuk beberapa kasus, kondisi ini mungkin disebabkan oleh jamur dan virus.

ISK dapat memengaruhi semua bagian dari saluran kemih Anda, mulai ginjal, rahim, kandung kemih, hingga uretra. ISK perlu diobati dengan antibiotik, dan jika tidak diobati akan tumbuh lebih lanjut sehingga menyebabkan berbagai komplikasi dalam sistem saluran kemih. ( )

Meskipun tidak ada pengobatan rumahan yang mampu mengobati ISK, namun ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda mencegah infeksi ini. Berikut adalah asupan yang bisa mencegah infeksi saluran kemih, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Air
Air minum sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem kemih Anda karena dapat membantu menghilangkan racun dan patogen serta mencegah ISK.

2. Jus Cranberry
Walaupun penelitian menunjukkan jus cranberry tidak dapat mengobati ISK, namun jus ini dapat membantu pencegahan ISK.

3. Dark Chocolate
Dark chocolate dikenal karena memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, nyeri haid, serta meningkatkan kesehatan reproduksi. Cokelat hitam juga kaya antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi risiko infeksi. ( )

4. Yoghurt Probiotik
Yoghurt kaya akan bakteri baik serta dapat membantu melawan bakteri jahat di usus dan tubuh. Mengonsumsi yoghurt membantu dalam pencegahan ISK yang efektif.

5. Buah dan Sayuran
Sertakan sayuran hijau seperti bayam dan labu, serta buah-buahan macam jeruk, kiwi, mangga, dan pisang dalam menu diet Anda karena makanan tersebut dapat memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)