11 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik

Kamis, 17 November 2022 - 20:04 WIB
loading...
A A A
Univeristas yang terletak di Bandung ini juga memiliki salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia. Fakultas Kedokteran Gigi Unpad memiliki akreditasi A. Hal ini membuat banyak calon mahasiswa baru ingin masuk di sini. Berdasarka data versi SIR 2021 FKG Unpad menempati peringkat 479 dunia

4. Univerisitas Airlangga
FKG Unair merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik di Jawa Timur. Fakultas Kedokteran Gigi Unair memiliki akreditasi A sejak tahun 2014. Berdasarkan versi SIR 2021 FKG Unair menempati peringkat 293 dunia.

5. Universitas Brawijaya (UB)
Universitas yang satu ini dikenal juga memiliki jurusan kedokteran gigi terbaik di indonesia. Sama seperti Perguruan tinggi negeri lainya univ ini menggunakan sistem uang kuliah tunggal yang ditentukan sesuai dengan golonganya. Besaran biaya kuliahnya mulai dari Rp500 ribu sampai Rp21,6 juta. Akan tetapi khusus untuk mahasiswanya yang diterima melalui jalur mandiri, harus membayar uang pangkal juga dengan biaya mulai dari Rp120 juta sampai Rp150 juta.

6. Trisakti
Universitas yang terletak di Jakarta ini salah satu fakultas kedokteran gigi swasta yang memiliki akrediatsi A sejak tahun 2015. Tidak banyak fakultas kedokteran gigi swasta yang memiliki akrediatsi A seperti Universitas Trisakti. Berdasarkan data versi SIR 2021 Universitas Trisakti menempati peringkat 490 dunia.

7. Universitas Sumatera Utara (USU)
Universitas Sumatera Utara atau yang kerap disapa USU merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di bagian barat Indonesia. Salah satu prodi terbaik yang bisa kamu pilih di Universitas Sumatera Utara ini adalah prodi Kedokteran Gigi yang kembali mendapat predikat A pada akreditasi BAN-PT tahun 2017 lalu.

Saat ini, FKG dengan akreditasi A ini terdiri dari 10 departemen, yaitu Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan/ Kesehatan Gigi Masyarakat, Ilmu Material dan Teknologi, Biologi Oral, Kesehatan Gigi Anak, Ilmu Penyakit Mulut, Periodonsia, Ilmu Konservasi Gigi, Ilmu Bedah Mulut, Prostodonsia, dan Ortodonti.

Selain itu, masih ada pula beberapa UPT (Unit Pelaksana Teknis) dan satu Unit Radiologi Dental. Peminat prodi Kedokteran Gigi ini nyatanya cukup tinggi, tak heran jika kedokteran gigi USU masuk dalam jejeran kedokteran gigi terbaik di Indonesia.

8. Universitas Jember
Merupakan universitas negeri terbesar di Jawa Timur, Universitas Jember juga memiliki prodi kedokteran gigi yang sudah terakreditasi A sejak 2016 dan berlaku hingga 2021. Di kedokteran gigi Universitas Jember ini terdiri dari program studi pendidikan dokter gigi hingga profesi dokter gigi.

Di Universitas Jember, kedokteran gigi masuk 5 besar prodi saintek dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2019 lalu. Dan perlu kamu ketahui pula, prodi Kedokteran Gigi Universitas Jember ini masuk dalam 10 besar jurusan terbaik di Indonesia.

9. Universitas Hasanuddin Dari Jawa Timur, loncat ke Sulawesi ada Universitas Hasanuddin Makassar yang juga memiliki jurusan Kedokteran Gigi yang sudah mengantongi predikat A. Peminatnya jurusan Kedokteran Gigi kampus yang berdiri tahun 1956 ini cukup tinggi, terbukti pada SBMPTN 2019 peminatnya mencapai 2.000 orang lebih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)