RS Kanker Dharmais Kembangkan Fasilitas Layanan bagi Wanita dan Anak

Kamis, 17 November 2022 - 16:04 WIB
loading...
RS Kanker Dharmais Kembangkan Fasilitas Layanan bagi Wanita dan Anak
RS Kanker Dharmais merupakan salah satu unit pelaksana teknis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan ditunjuk sebagai Pusat Kanker Nasional / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta masuk dalam program Ground Breaking The Strengthening of National Referral Hospitals and Vertical Technical Units Project Islamic Development Bank Project IDN-1031.

Dalam program ini, RS Kanker Dharmais menjadi bagian dalam proyek pembangunan dalam hal luasan, termasuk pengembangan fisik bangunan, pemutakhiran peralatan kesehatan, peningkatan kapasitas SDM, dan layanan project management. Sehingga RS Kanker Dharmais dapat menjadi RS rujukan yang lebih diandalkan di Indonesia khususnya dalam hal penyakit kanker.

Selain RS Kanker Dharmais, juga terdapat lima RS lain di Indonesia yakni RSUP Persahabatan di DKI Jakarta, RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung di Jawa Barat, RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar di Sulawesi Selatan, RSUP Dr. Sardjito Provinsi di DI Yogyakarta, RSUP Prof I.G.N.G. Ngoerah di Bali.

Baca juga: Daftar 12 Obat Sirup yang Boleh Digunakan, Kemenkes: Harus dalam Pengawasan Ketat Nakes

RS Kanker Dharmais merupakan salah satu unit pelaksana teknis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan ditunjuk sebagai Pusat Kanker Nasional, yang berperan dalam hal pelayanan kesehatan kanker yang komprehensif, pusat pendidikan dan penelitian kanker nasional, serta pusat data dan informasi kanker nasional.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan perihal target pengembangan kesehatan yang akan dicapai hingga 2025 adalah peningkatan status kesehatan masyarakat yang terlihat dari peningkatan angka harapan hidup, penurunan angka kematian anak dan ibu hamil.

"Untuk mencapai tujuan ini, layanan kesehatan di 6 rumah sakit rujukan nasional harus diperkuat secara komprehensif dan terintegrasi demi meningkatkan akses dan kualitas layanan primer dan layanan kesehatan rujukan," tutur Menkes Budi Gunadi dalam sambutannya saat Ground Breaking Hospitals di Bali, belum lama ini.

Keenam rumah sakit rujukan nasional itu akan ditingkatkan secara luas, termasuk pengembangan fisik bangunan, pemutakhiran peralatan kesehatan, peningkatan kapasitas SDM, dan layanan project management.

Pada kesempatan terpisah, Plt. Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum, RS Kanker Dharmais, Anjari menyampaikan bahwa RS Kanker Dharmais akan membangun Woman and Child Cancer Care Building.

"Ini sebagai upaya mewujudkan cita-cita RS Kanker Dharmais untuk mengembangkan layanan kanker komprehensif dengan fokus layanan unggulan di bidang penanganan kanker bagi wanita dan anak, dan telah mendapatkan dukungan dari ISDB atau Islamic Development Bank," jelasnya dalam acara Ground Breaking yang dilaksanakan di Auditorium Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta, baru-baru ini.

Pengembangan pelayanan unggulan yang disiapkan pada Woman and Child Cancer Care Building di RS Kanker Dharmais ini antara lain terkait fasilitas Rehabilitasi Medik, Pelayanan Onkologi, Center of Excellence-breast, Center of Excellence-serviks, High Care Unit (HCU), Intensive care unit (ICU), Pediatrics Intensive Care Unit (PICU), Chemotherapy, Ruang VVIP dan lain-lain.

Baca juga: 4 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Lambung Akut

Woman and Child Cancer Care Building di Rumah Sakit Kanker Dharmais, terletak pada bagian sisi barat rumah sakit, terdapat bangunan yang memiliki tinggi 76 meter, 18 lantai, dan tiga basement dengan total luas bangunan 35.680 meter persegi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)