Ini 6 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Infeksi Paru-Paru

Kamis, 08 Desember 2022 - 14:35 WIB
loading...
Ini 6 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Infeksi Paru-Paru
Guna meningkatkan kinerja organ paru-paru, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi pengidap infeksi paru-paru. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Penyakit infeksi paru-paru bisa terjadi karena virus, bakteri, jamur, atau parasit. Dalam beberapa kasus, lebih dari satu jenis virus menyebabkan infeksi paru-paru.

Infeksi paru-paru sendiri adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kerusakan dan pembengkakan di paru-paru lantara adanya mikroorganisme penyebab penyakit seperti bakteri atau virus.

Hal tersebut terjadi karena sel kekebalan berlomba ke saluran udara atau jaringan paru-paru untuk melawan infeksi.

Baca juga: Selain Jauhi Merokok, Ini Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Infeksi paru-paru bisa ringan atau berat. Orang-orang dari berbagai usia berpotensi terkena infeksi paru-paru. Namun, kondisi ini rentan dialami anak berusia 2 tahun, perokok dan lansia.

Guna meningkatkan kinerja organ paru-paru, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi pengidap infeksi paru-paru. Seperti dikutip dari laman Health Line, berikut daftarnya.

1. Kunyit

Kunyit terkenal dengan kandungannya yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi, yakni curcumin. Kandungan tersebut merupakan komponen aktif dalam kunyit yang sangat bermanfaat guna mendukung fungsi paru-paru.

Berdasarkan studi dalam jurnal Role of diet in chronic obstructive pulmonary disease prevention and treatment menyebutkan, bahwa 2478 orang yang mengonsumsi kunyit mengalami peningkatan fungsi paru-paru.

Masih dari studi yang sama, perokok yang mengonsumsi kunyit mengalami peningkatan fungsi paru-paru sebanyak 9,2 persen ketimbang perokok yang tidak mengonsumsinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)