Gelar di 32 Daerah di Indonesia, Acara Milad Ibu Profesional ke-11 Regional Jakarta Petualangan Jelajah Cita-Cita 2022

Senin, 12 Desember 2022 - 14:49 WIB
loading...
Gelar di 32 Daerah di Indonesia, Acara Milad Ibu Profesional ke-11 Regional Jakarta Petualangan Jelajah Cita-Cita 2022
Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, beragam profesi baru pun dibutuhkan di masa depan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, beragam profesi baru pun dibutuhkan di masa depan. Anak-anak sebagai generasi penerus di masa mendatang perlu kiranya untuk mengenal ragam profesi ini. Dari sinilah, Ibu Profesional menggagas sebuah acara untuk menyemarakkan milad Ibu Profesional yang ke-11 dengan mengusung tema “Jelajah Cita-Cita 2022”, Festival profesi anak Indonesia.

Acara milad Ibu Profesional ke-11 tahun 2022 ini akan digelar serempak pada Minggu, 18 Desember 2022 di 32 kota, dengan 11 titik regional tuan rumah, diantaranya: Banten, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Tasikmalaya, Surabaya, Malang, Medan, Makasar, Samarinda dan 21 subtitik regional lainnya, diantaranya : Aceh, Jambi, Padang, Palembang, Bekasi, Garut, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Cianjur, Karawang, Pasuruan, Kediri, Pacitan, Gresik, Lamongan, Manado, Palu, Gorontalo, Pontianak dan Banjarmasin.

Acara milad Ibu Profesional yang diselenggarakan oleh regional Jakarta akan berlokasi di Hotel Dafam Enkadeli Thamrin, Jakarta Pusat. Dalam acara puncak milad, IP Jakarta mengadakan 2 rangkaian acara, yaitu : Petualangan Jelajah Cita-Cita untuk ananda dan Workshop Emergency Response ‘Penanggulangan Situasi Darurat’ untuk orang tua maupun calon orang tua dan terbuka untuk member IP maupun umum.

Dalam acara Petualangan Jelajah Cita-Cita, IP Jakarta mengangkat subtema “Temukan Mimpi, Raih Prestasi”. Konsep yang disajikan adalah memperkenalkan 11 profesi kepada anak-anak melalui eksplorasi booth profesi, dongeng, pengenalan dan presentasi profesi serta akan ada hands on & crafting. 11 profesi yang akan diperkenalkan dalam acara ini diantaranya : koki, pemadam kebakaran, scientist, content creator, crafter, news anchor, dokter gigi, bidan, pelestari lingkungan, astronom dan arsitek.



Dalam acara Workshop Emergency Response ‘Penanggulangan Situasi Darurat’, IP Jakarta menghadirkan narasumber ahli, Wahyu Agung K, Director of Program PT Predikt Tangguh Bencana dan akan dipandu oleh Stefani dan Yanuar, Creator & Community Management dari Buddyku. Dalam acara ini para orang tua dan calon orang tua akan mempelajari ilmu dan bekal pengetahuan bagaimana mempersiapkan diri jika menghadapi situasi darurat baik saat berada di area umum maupun di rumah. Topik yang akan disampaikan dalam workshop ini diantaranya: tips penanggulangan situasi darutat, mengenali potensi bahaya di sekitar, crowd management, siap siaga bencana di rumah, recovery pasca-bencana dan tren kejadian bencana di Indonesia. Selain itu dalam rangkaian workshop juga terdapat edukasi skincare dan make up dari Wardah.

Selain 2 rangkaian acara puncak, Ibu Profesional Jakarta juga menggelar serangkaian acara (pre-event) sebelum acara puncak, diantaranya : Playdate Little Fire Figthers “Jelajah Profesi Pemadam Kebakaran”, IG Live Tebar Karya Virtual (TKV) Kolaborasi Sekretariat Regional dan Research Center Ibu Profesional (RCIP) Jakarta mengusung topik “Perempuan Berdaya, Berani Berkarya”, IG Live Tebar Karya Virtual (TKV) Kolaborasi Sekretariat Regional dan Institut Ibu Profesional Jakarta dengan mengusung topik “Perempuan Cerdas, Berdaya dan Bahagia”, serta Kuliah Whatsapp & Workshop “Mother As A Talent Observer”.

Ibu Profesional yakni komunitas yang mewadahi para ibu maupun calon ibu yang ingin meningkatkan kualitas dirinya menjalankan tugas ibu secara profesional. Ibu Profesional memiliki visi dan misi menjadi komunitas pendidikan perempuan Indonesia yang unggul dan profesional hingga dapat berkontribusi bagi negara ini dengan cara membangun peradaban bangsa dari dalam rumah (keluarga). Ibu Profesional semakin meluaskan sayapnya dari tahun ke tahun. Membernya tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga menjangkau sampai ke luar negeri. Pada tahun 2022 ini setidaknya tercatat ada 15.000 member yang tersebar di 55 regional di seluruh Indonesia, Asia dan Efrimenia (Eropa, Afrika, Amerika dan Oseania).

Memasuki 11 tahun berdirinya, Ibu Profesional mulai membangun entitas Yayasan Ibu Profesional Mandiri sebagai payung hukum Ibu Profesional secara keseluruhan. Yayasan ini baru akan berjalan di Januari 2023 dan di- launching pada tanggal 22 Desember 2022, tepat di hari jadi Ibu Profesional. Saat ini Ibu Profesional, di bawah naungan Yayasan Ibu Profesional Mandiri, memiliki 6 komponen yang terdiri dari Institut Ibu Profesional, Sejuta Cinta, Resource Center Ibu Profesional, Komunitas, KIPMA dan Sekretariat sebagai integratornya. Selain itu, ada 5 program inovasi yang saat ini sudah berjalan, diantaranya : IPedia, Dapur Ibu Bersama, Ibu Inklusif, A Home Team dan Ibu Pembaharu.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)