Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran usai Begadang Nonton Piala Dunia 2022

Rabu, 14 Desember 2022 - 08:43 WIB
loading...
Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran usai Begadang Nonton Piala Dunia 2022
Kondisi kurang tidur bukan saja mengakibatkan rasa lelah, tapi mengantuk sepanjang hari dan sering menguap. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gelaran Piala Dunia 2022 akan memasuki babak puncak pada Minggu, 18 Desember 2022, pukul 22.00 WIB. Banyak masyarakat, terutama para pecinta bola yang ingin menyaksikan, namun juga harus memperhatikan kondisi lantaran keesokannya kembali beraktivitas.

Dilema itu memang tidak dialami semua yang nonton final Piala Dunia 2022. Namun, bagi Anda yang ingin nonton laga final tanpa khawatir besoknya lesu dan tidak produktif, di sini akan membagikan solusinya.

Dokter Abi Noya, Medical Content Marketing Senior Manager Alodokter, menyebutkan bahwa kondisi kurang tidur bukan saja mengakibatkan rasa lelah, tapi mengantuk sepanjang hari dan sering menguap.

Baca juga: Bawa Pulang Penghargaan Asia Celebrity Award, Lyodra Banjir Ucapan Selamat

"Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat tubuh berisiko mengalami microsleep yaitu hilangnya kesadaran dalam waktu singkat atau beberapa detik yang bisa muncul sewaktu-waktu termasuk saat beraktivitas," jelas dr. Abi dalam keterangan resmi Alodokter, Rabu (14/12/2022).

Akibat dari microsleep ini mencakup kesulitan atau hilangnya fokus, tidak mampu melakukan percakapan yang serius karena sulit memproses pembicaraan, mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya, sehingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh yang ditandai dengan limbung dan kepala seolah terjatuh tiba-tiba.

Nah, agar begadang nonton final Piala Dunia 2022 tidak menyebabkan masalah-masalah tersebut, ada tips yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Apa saja itu?

1. Pastikan Tubuh Terhidrasi Sepanjang Hari

Menurut dr. Abi, menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Nah, untuk mencukupinya direkomendasikan mengonsumsi 8-10 gelas air putih dalam sehari.

"Ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa tetap fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)