10 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Nomor 5 Dilakukan Setiap Hari

Kamis, 22 Desember 2022 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Konsumsi makanan olahan tanpa disadari merupakan kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Makanan olahan sarat dengan natrium dan fosfor. Pasien dengan penyakit ginjal harus menahan diri dari makan makanan kemasan. Mengonsumsi makanan olahan berfosfor tinggi dapat merusak ginjal dan tulang.

4. Terlalu Banyak Makan Gula

Meski terasa manis, terlalu banyak makan gula merupakan kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Ini bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, mengakibatkan penyakit ginjal. Jadi kurangi asupan gula. Juga, hindari konsumsi biskuit, bumbu, sereal, dan roti putih secara teratur karena semuanya mengandung gula.

5. Merokok

Kebiasaan yang merusak ginjal selanjutnya adalah merokok. Orang yang merokok lebih rentan memiliki protein dalam urinnya, yang merupakan tanda kerusakan ginjal. Berhenti atau batasi merokok karena berhenti merokok dapat meningkatkan aliran darah ginjal.



6. Kurang Cairan


Kurang cairan atau dehidrasi, kebiasaan lain yang bisa merusak ginjal . Karena itu, dia harus minum air dalam jumlah yang cukup untuk melembabkan diri sendiri karena tidak hanya menjaga sirkulasi darah ginjal tetapi juga membantu mengeluarkan sisa metabolisme dan mencegah pembentukan batu ginjal yang menyakitkan.

Pasien dengan masalah ginjal membutuhkan lebih sedikit asupan cairan. Tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum 3 liter - 4 liter air setiap hari.

7. Tidak Olahraga

Tidak olahraga secara teratur merupakan kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Duduk terlalu lama dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Gaya hidup yang kurang gerak dapat berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Aktivitas fisik secara teratur meningkatkan tekanan darah dan metabolisme, yang baik untuk kesehatan ginjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)