10 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Nomor 5 Dilakukan Setiap Hari

Kamis, 22 Desember 2022 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Jika Anda kelebihan berat badan, mengurangi berat badan sangat membantu karena meringankan beban ginjal dan mencegah kelelahan dini. Lakukan senam aerobik secara teratur dengan berjalan kaki selama 40 menit minimal 4 kali seminggu.

8. Kurang Tidur

Kebiasaan yang merusak ginjal lainnya adalah kurang tidur. Tidur adalah waktu yang penting ketika ginjal meregenerasi jaringan yang rusak dan siklus tidur-bangun. Tidak hanya merusak organ ini, tetapi juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan aliran darah ginjal.

9. Banyak Makan Daging

Meski terasa enak, terlalu banyak makan daging tanpa disadari menjadi kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Protein hewani diketahui menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat merusak ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam dengan cukup cepat.

10. Konsumsi Alkohol

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal terakhir adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Asupan alkohol yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat dan merusak ginjal, oleh karena itu wajib untuk mengurangi asupan alkohol.


(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)