10 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Nomor 5 Dilakukan Setiap Hari

Kamis, 22 Desember 2022 - 06:00 WIB
loading...
10 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Nomor 5 Dilakukan Setiap Hari
Ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak ginjal. Namun, banyak orang tak menyadarinya dan melakukan setiap hari bahkan menjadi kebiasaan sulit dihilangkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Namun sayang, banyak orang tak menyadarinya dan melakukan setiap hari bahkan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan.

Penting untuk fokus pada kesehatan ginjal Anda karena jika organ penting gagal, seseorang perlu menjalani dialisis permanen. Ini bertujuan untuk mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh secara artifisial.

Gaya hidup tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal secara signifikan. Penting untuk berolahraga secara teratur, makan sehat, hindari merokok dan minum dan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Penting juga untuk minum air dalam jumlah yang diperlukan untuk menjaga ginjal dalam kondisi yang baik. Berikut daftar kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti dilansir dari Hindustan Times, Kamis (22/12/2022).



1. Sering Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal pertama adalah sering mengonsusmi obat pereda nyeri dan suplemen kesehatan pembentuk tubuh. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi, disarankan untuk segera menghentikannya.

2. Konsumsi Garam Berlebihan

Komsumsi garam berlebihan merupakan kebisaan yang bisa merusak ginjal . Hal ini bisa menimbulkan ancaman bagi ginjal karena tidak hanya menghasilkan beban natrium yang berlebihan tetapi juga menyebabkan hipertensi. Oleh karena itu, disarankan untuk fokus mengonsumsi makanan segar alami rendah sodium seperti kembang kol, blueberry, makanan laut, dan biji-bijian sehat.

3. Konsumsi Makanan Olahan

Konsumsi makanan olahan tanpa disadari merupakan kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Makanan olahan sarat dengan natrium dan fosfor. Pasien dengan penyakit ginjal harus menahan diri dari makan makanan kemasan. Mengonsumsi makanan olahan berfosfor tinggi dapat merusak ginjal dan tulang.

4. Terlalu Banyak Makan Gula

Meski terasa manis, terlalu banyak makan gula merupakan kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Ini bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, mengakibatkan penyakit ginjal. Jadi kurangi asupan gula. Juga, hindari konsumsi biskuit, bumbu, sereal, dan roti putih secara teratur karena semuanya mengandung gula.

5. Merokok

Kebiasaan yang merusak ginjal selanjutnya adalah merokok. Orang yang merokok lebih rentan memiliki protein dalam urinnya, yang merupakan tanda kerusakan ginjal. Berhenti atau batasi merokok karena berhenti merokok dapat meningkatkan aliran darah ginjal.



6. Kurang Cairan


Kurang cairan atau dehidrasi, kebiasaan lain yang bisa merusak ginjal . Karena itu, dia harus minum air dalam jumlah yang cukup untuk melembabkan diri sendiri karena tidak hanya menjaga sirkulasi darah ginjal tetapi juga membantu mengeluarkan sisa metabolisme dan mencegah pembentukan batu ginjal yang menyakitkan.

Pasien dengan masalah ginjal membutuhkan lebih sedikit asupan cairan. Tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum 3 liter - 4 liter air setiap hari.

7. Tidak Olahraga

Tidak olahraga secara teratur merupakan kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Duduk terlalu lama dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Gaya hidup yang kurang gerak dapat berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Aktivitas fisik secara teratur meningkatkan tekanan darah dan metabolisme, yang baik untuk kesehatan ginjal.

Jika Anda kelebihan berat badan, mengurangi berat badan sangat membantu karena meringankan beban ginjal dan mencegah kelelahan dini. Lakukan senam aerobik secara teratur dengan berjalan kaki selama 40 menit minimal 4 kali seminggu.

8. Kurang Tidur

Kebiasaan yang merusak ginjal lainnya adalah kurang tidur. Tidur adalah waktu yang penting ketika ginjal meregenerasi jaringan yang rusak dan siklus tidur-bangun. Tidak hanya merusak organ ini, tetapi juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan aliran darah ginjal.

9. Banyak Makan Daging

Meski terasa enak, terlalu banyak makan daging tanpa disadari menjadi kebiasaan yang bisa merusak ginjal . Protein hewani diketahui menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat merusak ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam dengan cukup cepat.

10. Konsumsi Alkohol

Kebiasaan yang bisa merusak ginjal terakhir adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Asupan alkohol yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat dan merusak ginjal, oleh karena itu wajib untuk mengurangi asupan alkohol.


(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)