4 Penyakit Ini Harus Diwaspadai saat Cuaca Ekstrem

Kamis, 29 Desember 2022 - 14:15 WIB
loading...
A A A
3. Flu
Cuaca ekstrem biasanya akan menyerang imunitas tubuh, sehingga menjadi rentan terserang penyakit seperti flu. Penyakit ini umumnya terjadi saat hujan atau cuaca dingin sehingga tubuh menjadi lemah, sehingga daya tahan tubuh seseorang harus lebih diperhatikan.

Dilansir dari laman Healthline, Anda bisa mengonsumsi jahe, madu, lemon yang dicampur ke dalam segelas air teh hangat. Tak lupa konsumsi vitamin C juga sangat penting untuk daya tahan tubuh. Selain itu, sup dapat pula membantu mengembalikan energi sekaligus menghangatkan tubuh dari udara dingin.

4. Demam Berdarah
Kemudian penyakit yang sering muncul saat cuaca ekstrem adalah demam berdarah. Penyakit ini berkaitan dengan kebersihan atau kesehatan di lingkungan masyarakat. Seperti buang sampah sembarangan hingga membiarkan genangan air.

Dilansir dari laman Rumah Sakit Awal Bros, gejala demam berdarah pada umumnya berupa demam tinggi yang turun pada hari ketiga namun akan naik kembali, mual, muntah, nyeri kepala, badan pegal linu, dan dapat disertai dengan munculnya bintik-bintik merah di kulit, gusi berdarah atau mimisan.

Selain berobat ke dokter, Anda bisa mengobati demam berdarah dengan cara alami. Seperti mengonsumsi jambu biji yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat memicu pembentukan keping darah baru.

Kemudian terpenting adalah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang dikenal sebagai sumber asam askorbat yang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. Ini membantu dalam perbaikan, pertumbuhan, dan perkembangan jaringan sel tubuh.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)