Tanamkan Nilai Pancasila ke Generasi Muda Melalui Pancasila in Action

Kamis, 29 Desember 2022 - 10:01 WIB
loading...
Tanamkan Nilai Pancasila ke Generasi Muda Melalui Pancasila in Action
Banjirnya informasi hoax di media sosial membuat seseorang dengan mudah terpapar paham radikalisme atau kurangnya rasa semangat nasionalisme. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia terus berupaya melakukan sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda saat ini atau kalangan milenial.

Langkah itu pun dilakukan melalui metode-metode kekinian seperti musik, olahraga, film, seni dan budaya dengan menghadirkan konsep Pancasila In Action. Harapannya, mereka dapat memahami nilai Pancasila .

Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi mengatakan bahwa akhir-akhir ini, banjir informasi hoax di media sosial membuat seseorang dengan mudah terpapar paham radikalisme atau kurangnya rasa semangat nasionalisme di kalangan generasi muda.

Baca juga: Apa Itu Oedipus Kompleks, Kondisi Dialami Pria yang Kedapatan Selingkuh dengan Ibu Mertua

Oleh karenanya, berbagai upaya terus dilakukan BPIP dalam membumikan Pancasila, khususnya kepada generasi milenial. Strategi yang diterapkan diantaranya melalui bedah musik dan film.

"Ke depannya ini akan terus kita laksanakan. Salah satu tujuannya untuk mencegah utamanya dari ideologi transnasional atau yang bukan Indonesia lewat yang kegiatan digemari milenial musik, film dan lainnya, agar semakin menumbuhkan kecintaan terhadap nilai Pancasila," kata Yudian di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Wakil Kepala BPIP, Dr. Karjono menambahkan, Pancasila in Action penting dilakukan dalam kehidupan keseharian. Membumikan Pancasila, sambungnya, bukan hanya tugas BPIP, namun juga seluruh rakyat Indonesia untuk sama-sama menanamkan semangat nilai-nilai kecintaan terhadap Pancasila.

Salah satu contoh perwujudan untuk semakin menggemakan nilai Pancasila dilakukan Sinergy for Indonesia, merupakan komunitas anak muda yang fokus pada gerakan membangun semangat kebangsaan.

Komunitas ini diinisiasi Ahmad Doli Kurnia Tandjung, yang merupakan produser eksekutif sekaligus penulis lirik salah satu lagu yang ada dalam album Nyanyian Rumah Indonesia.

"Dulu waktu jadi Ketua KNPI, saya sempat bicara tentang Pancasila di kampus dibilang jadul oleh para mahasiswa, 'kok anak muda bicara Pancasila," kata dia.

Hal tersebut menjadi alasannya membentuk Sinergy for Indonesia dan berkolaborasi dengan Indonesia Care untuk merilis album musik kebangsaan yang modern dan menyosialisasi ke beberapa kampus lewat acara Bedah Musik.

Baca juga: Jarang Tampil Stand Up Comedy, Babe Cabita Sibuk Jadi Kreator Konten: Duitnya Gede

"Dengan memodernisasi lagu-lagu kebangsaan, saya berharap bisa menarik minat anak muda dan menjadikan lagu-lagu tersebut sebagai lagu favoritnya untuk didengarkan setiap hari, sehingga akan tumbuh jiwa kebangsaan yang kuat," harapnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)