Perankan Sosok Ustaz di Film Hidayah, Ajil Ditto Merasa Tertantang

Jum'at, 06 Januari 2023 - 15:39 WIB
loading...
Perankan Sosok Ustaz di Film Hidayah, Ajil Ditto Merasa Tertantang
Aktor muda Ajil Ditto merasa tertantang kala ikut membintangi film Hidayah garapan sutradara Monty Tiwa. / Foto: Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Aktor muda Ajil Ditto merasa tertantang kala ikut membintangi film Hidayah garapan sutradara Monty Tiwa. Dalam film bergenre religi ini, Ajil memerankan sosok ustaz bernama Bahri.

Memerankan karakter tersebut, Ajil dituntut menghafalkan doa ruqyah, sekaligus menahan dinginnya cuaca di lokasi syuting.

"Sebenarnya kan itu doa-doa yang sudah kita ketahui. Tapi memang ada beberapa doa-doa yang terdengar baru buat gue, seperti doa melawan jin. Jadi lebih dilancarin lagi pelafalannya, tajwidnya dalam beberapa jam. Takut salah arti," kata Ajil Ditto ketika ditanya di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 5 Januari 2023.

Baca juga: 4 Makanan yang Bisa Bantu Tidur Lebih Cepat, Cocok buat Penderita Insomnia

Bukan hanya itu, Ajil juga harus mempelajari logat dan bahasa Sunda. Dia pun mengaku mempelajari dialek Sunda dari kakaknya. Ajil juga dibantu Dewi Yull, yang sama-sama bermain dalam film tersebut.

"Logatnya itu kebetulan kakak tinggal di Bandung. Jadi setiap kakak ke Jakarta, logat dia sudah Sunda banget. Sudah biasa jadinya dengar kakak ngomong. Dibantu juga sama Ibu Dewi Yull sebagai orang Sunda beneran. Beliau bantuin dialog-dialog kita," tuturnya.

Ajil mengungkapkan jika karakter Bahri yang dia perankan sangat berbeda dengan dirinya. Pasalnya, sebagai orang Sunda, Bahri dalam film Hidayah adalah sosok yang lembut dan tidak meledak-ledak.

"Jadi orang Sunda di sini fun ya. Lucunya ketika orang Sunda bukan tipe yang meledak-ledak. Bukan yang ngomongnya ngegas. Sangat berbanding terbalik sama gue yang kadang ngomong suka ekspresif dan tidak kalem-kalem amat," ujar aktor kelahiran Medan, 8 November 2001 ini.

Sementara, proses syuting yang dilakukan di Ciwidey, Bandung, juga memberi tantangan tersendiri bagi Ajil. Dia harus melawan cuaca dingin sampai 10 derajat, ditambah lagi dia harus melakoni adegan kehujanan.

Sebagai informasi, film Hidayah merupakan adaptasi dari majalah dan sinetron yang populer. Di sini, Monty Tiwa berupaya menggarap film itu dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Tidak ada yang tidak mengenal Hidayah sebagai sebuah tayangan terkenal sekali di TV era itu. Ketika diberi kepercayaan mengangkat ke layar lebar, setidaknya punya level tanggung jawab yang harus kita cermati dengan hati-hati," terang Monty.

Baca juga: Alchemy Of Souls Part 2 Perlihatkan Chemistry Lee Jae Wook dan Go Yoon Jung

Film Hidayah sendiri mengisahkan perjalanan hidup Bahri yang merupakan seorang mantan narapidana. Dia ingin mengubur masa lalunya yang kelam dengan pindah ke desa bernama Mekarwangi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)