Lawan Diabetes, Tropicana Slim Gelar #BeatDiabetes Online Festival 2020

Senin, 13 Juli 2020 - 12:03 WIB
loading...
A A A
“Sayangnya, saat ini masih cukup banyak informasi hoaks yang beredar seputar diabetes, yang apabila dipercaya dan diterapkan akan akan memperburuk kondisi kesehatan masyarakat. Harapan saya, masyarakat dapat semakin cerdas dan berhati-hati dalam menanggapi informasi terkait diabetes dan menerapkan informasi kesehatan yang tepat di kehidupan mereka sehari-hari,” tambah dr, Dante.

Pada #BeatDiabetes Online Festival 2020, Tropicana Slim juga bekerja sama dengan Sobat Diabet, komunitas yang digerakkan oleh anak muda untuk mengedukasi pentingnya mencegah dan melawan diabetes sejak dini. Berdasarkan penelitian dari International Diabetes Federation, kasus diabetes tipe 2 semakin sering ditemukan pada mereka dengan usia lebih muda, khususnya di Asia.

"Salah satu mitos terkait diabetes adalah bahwa diabetes merupakan penyakit orang tua atau diderita orang yang berumur. Faktanya, saat ini semakin banyak anak muda yang juga diabetesi," papar dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, selaku pendiri Komunitas Sobat Diabet. (Baca juga: Gargle dengan Antiseptik Kandungan PVP-I Efektif Lawan Virus Corona ).

Sebuah review yang dipublikasikan pada jurnal Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa usia seseorang terdiagnosis diabetes diketahui lebih muda pada orang Asia, dibandingkan dengan orang Amerika dan Eropa. Bahkan, terdapat penelitian di Asia yang menunjukkan bahwa 1 dari 5 penderita diabetes yang dipelajari ternyata terdiagnosis terkena diabetes pada usia di bawah 40 tahun.

"Bahkan, berdasarkan data yang ada, diabetes di usia muda cenderung lebih berbahaya dengan risiko komplikasi yang lebih besar. Komplikasi juga umum terjadi lebih awal, termasuk kerusakan ginjal dan penyakit jantung, yang kemudian meningkatkan risiko kematian di usia yang relatif muda," lanjut dr. Rudy.

Noviana menuturkan, inilah mengapa Tropicana Slim memiliki perhatian yang besar untuk ikut mengedukasi banyak anak muda Indonesia tentang pentingnya mencegah dan melawan diabetes sejak dini. Dengan berkolaborasi bersama komunitas kesehatan seperti Sobat Diabet, Noviana berharap semakin banyak anak muda yang tersadar untuk menjaga asupan gula mereka sejak dini serta menjalani pola hidup sehat untuk mencegah diri mereka dari risiko diabetes.

"Pada akhirnya semua rangkaian acara ini ditujukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa #BeatDiabetes Semudah Itu! dan bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan," tutup Noviana.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)