5 Penyebab Kencing Manis alias Diabetes Melitus, Anak Muda Wajib Baca

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:36 WIB
loading...
5 Penyebab Kencing Manis alias Diabetes Melitus, Anak Muda Wajib Baca
5 penyebab kencing manis dalam artikel ini patut diketahui anak muda, karena sekarang penyakit diabetes melitus sudah banyak dialami generasi muda. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - 5 penyebab kencing manis dalam artikel ini patut diketahui anak muda. Pasalnya, saat ini penyakit diabetes melitus sudah banyak dialami generasi muda.

Ya, Kementerian Kesehatan mencatat bahwa terjadi perubahan tren penyakit tidak menular di masyarakat Indonesia, salah satunya penyakit kencing manis atau diabetes . Kini, penyakit tersebut sudah banyak dialami mereka berusia produktif.

Artinya, kencing manis bukan lagi penyakit orang tua seperti image-nya dahulu, tapi kini banyak diidap anak muda. Salah satu faktor penyebab tentu saja gaya hidup yang tidak sehat.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Meredakannya

Orang-orang dengan kondisi badan kegemukan, kurang aktivitas fisik, punya riwayat jantung, hingga diet tidak seimbang sangat rentan kena kencing manis. Mereka tergolong dalam kelompok faktor risiko diabetes melitus.

Lebih detailnya, berikut 6 faktor risiko seseorang kena diabetes melitus.

- Kegemukan atau berat badan lebih yang diindikasikan IMT di atas 23 kg/m2 atau lingkar perut pada pria lebih dari 90 cm dan perempuan lebih dari 80 cm.

- Kurang aktivitas fisik.

- Dislipidemia atau kolesterol HDL kurang atau sama dengan 35 mg/dl dan trigliserida lebih dari atau sama dengan 250 mg/dl.

- Riwayat penyakit jantung.

- Hipertensi atau tekanan darah tinggi (lebih dari 140/90 mmHg).

- Diet tidak seimbang seperti konsumsi tinggi gula dan lemak, serta rendah serat.

Selain itu, seseorang berisiko tinggi terkena diabetes melitus jika dia berusia di atas 45 tahun, melahirkan bayi lebih dari 4 kg, atau punya riwayat keluarga pengidap diabetes.

"Pada dasarnya, diabetes terjadi ketika insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di dalam darah," terang laporan Kemenkes.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih detail 5 penyebab kencing manis alias diabetes melitus yang patut diwaspadai anak muda. Apa saja?

1. Tidak Aktif Bergerak

Orang yang tidak aktif bergerak sangat rentan kena diabetes atau kencing manis. Karena tidak bergerak, seseorang berisiko juga alami obesitas yang dapat meningkatkan potensi dirinya mengalami diabetes.

2. Kegemukan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kegemukan masuk dalam faktor risiko diabetes. Jika seseorang terlalu gemuk, mereka berisiko alami resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes.

3. Penyakit Jantung

Penyakit jantung berisiko memicu resistensi insulin atau kondisi di mana sel-sel otot, hati, dan lemak tidak menggunakan insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk membuat glukosa masuk ke dalam sel.

Pada awalnya pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tapi seiring berjalannya waktu, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin dan kadar glukosa darah meningkat.

4. Riwayat Keluarga

Orang dengan riwayat keluarga pengidap diabetes berisiko tinggi mengalami penyakit serupa.

5. Gen

Gen juga dapat meningkatkan risiko diabetes dengan meningkatkan kecenderungan seseorang untuk kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca juga: 5 Manfaat Yogurt yang Mengesankan untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Tak Disangka

Demikian penjelasan terkait 5 penyebab kencing manis yang perlu diwaspadai anak muda. Semoga artikel ini jadi pengingat kita bersama untuk mau menjalani hidup dengan lebih sehat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)