5 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Anda yang Lagi Diet

Kamis, 12 Januari 2023 - 07:45 WIB
loading...
5 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Anda yang Lagi Diet
Jika Anda tengah menjalani program diet, beberapa makanan rendah kalori cocok untuk diasup. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Salah satu tantangan ketika diet adalah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun kalori yang masuk rendah, makanan-makanan yang dikonsumsi harus mengandung nutrisi tinggi.

Orang yang tengah diet kerap sekali menolak untuk makan. Hal tersebut justru membuat nafsu makan bertambah besar dan mengonsumsi lebih banyak kalori masuk yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh.



Jika Anda tengah menjalani program diet, cobalah beberapa makanan rendah kalori berikut ini. Meskipun makanan-makanan berikut menyumbang kalori rendah, perlu diperhatikan agar tetap mengonsumsinya dalam batasan kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut lima makanan rendah kalori untuk Anda yang sedang diet, dilansir dari laman Healthline pada Kamis (12/1/2023).

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang rendah kalori tetapi kaya akan nutrisi penting. Satu telur mengandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein, serta berbagai vitamin dan mineral penting.

Studi menunjukkan bahwa sarapan dengan satu porsi telur dapat meningkatkan rasa kenyang. Studi lain juga menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi ngemil, memperlambat pengosongan perut, dan menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar.

2. Popcorn

Popcorn menjadi salah satu makanan yang menyumbang rasa kenyang dengan kalori rendah. Selain rendah kalori, popcorn juga tinggi serat.

Serat tidak hanya memperlambat proses pencernaan Anda untuk meningkatkan rasa kenyang, tetapi juga dapat menstabilkan gula darah. Namun, perlu diingat bahwa manfaat ini berlaku untuk popcorn tanpa gula, atau yang hanya sedikit mengandung gula. Karena kandungan gula berlebih pada popcorn dapat meningkatkan kandungan kalorinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2815 seconds (0.1#10.140)